Jakarta (ANTARA NEWS) - Rabu kemarin waktu AS, CEO Apple Steve Jobs, mengenalkan produk-produk terbaru Apple.

Produk-produk paling anyar itu diantaranya adalah iPod Touch model baru, FaceTime, Apple TV versi termurah berharga 99 dolar AS (Rp895.000), iTune 10 yang didalamnya memuat jejaring sosial berorientasi musik.

iPod Baru

iPod Nano adalah iPod paling populer digunakan. That distinction surprisingly now belongs to the more expensive iPod Touch. Harga produk ini makin murah. Kini kedua perangkat ini bisa dihargai 49 dolar AS (Rp420 ribu) dengan kapasitas memori 2 gigabytes.

Menambahkan "interface" yang multi sentuh ke Nano mungkin merupakan perubahan terbesar, sebuah inovasi yang membuat para perangcang produk Apple hanya membutuhikkan setengah dari ukuran dan berat dari produk generasi sebelumnya.

Interface layar sentuh sangat dibutuhkan karena konsumen perlu menggunakannya untuk mengakses lagu, artis, dan album.

Apple juga menambahkan sebuah klip yang membuat konsumen membawa Nano di sakunya, seperti Shuffle. Tidak itu saja perangkat ini dilengkapi radio FM radio. Nano bermemori 8 GB dihargai 149 dolar AS (Rp1,3 juta), sedangkan harga yang 16 GB adalah 179 dolar AS (Rp1,6 juta).

Kamera dan FaceTime adalah fitur utama iPod Touch, yang diproduksi dalam tiga versi: model 8 GB seharga Rp1,3 juta, model 32 GB seharga Rp2,6 juta, dan 64 GB seharga 399 dolar AS (Rp3,5 juta). Umur baterainya lebih lama, 40 jam.

Apple TV

Jobs mengaku bahwa Apple TV bukanlah jualan utamanya, meski konsumen menggila-gilai produk ini. Meski harganya dibanting 99 dolar AS dari harga semula 229 dolar AS, tetap menarik pembeli dan menjadi simbol status.

Ukuran kotak sebesar 4 inchi ini adalah seperempat dari ukuran generasi sebelumnya. Di belakang ada port untuk menghidupkannya (power), kemudian kabel HDMI atau kabel ethernet. Juga ada Wi-Fi "built in", tapi tidak seperti Apple TV sebelumnya, "storage"nya tak ada yang "built-in".

Orang tidak bisa membeli langsung film dari kotak tv ini, melainkan lewat "streaming." Rental film HD dari berbagai studio film bisa "distream" seharga 4,99 dolar AS per film.

Setiap item sewa HD TV dari ABC, Fox, Disney Channel dan BBC dihargai 99 sen dolar AS (Rp800). Apple TV tampaknya akan menyaingi Roku dari Google TV.

Melaluinya konsumen bisa "menstriming" konten Netflix, YouTube, Flickr dan MobileMe milik Apple. Konsumen juga bisa menstriming musik, foto dan video baik dari PC mmaupun Mac.


iTunes 10

Ingin tahu lagu mana yang didengarkan kawan Anda? Maka gunakan jejaring sosial musik Ping yang ada pada iTunes. Anda bisa ikut mendengarkan lagu yang disukai kawan Anda itu, lalu turut membelinya.

Apple sangat mempedulikan privasi penggunanya, oleh karena itu Anda dan teman-teman Anda disyaratkan meminta dan memperoleh izin terlebih dahulu sebelum diikuti dan mengikuti yang lain. Anda juga bisa mengikuti para pesohor seperti Lady Gaga, dari klip video sampai konser terakhirnya.

Ping menempel baik pada iPhone maupun iPod Touch. Melaluinya, Anda bisa mengonlinekan koleksi musik iTunes Anda di Internet sehingga bisa diakses di mana pun dan kapan pun, dari komputer atau perangkat yang "compatible." (*)

Hollywood Reporter/Jafar Sidik

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010