New York (ANTARA News) - Roger Federer melaju ke putaran ketiga AS Terbuka, Kamis, sementara unggulan keenam Nikolay Davydenko kalah dan petenis kualifikasi asal Jepang Kei Nishikori menundukkan unggulan 11 Marin Cilic dalam lima set yang melelahkan.

Petenis Swiss unggulan kedua Federer, yang mengejar mahkota Grand Slam ke-17 dan final ketujuhkalinya berturut-turut di AS Terbuka, menyisihkan petenis Jerman peringkat 104 Andreas Beck 6-3, 6-4, 6-3 dalam satu jam dan 41 menit di Arthur Ashe Stadium.

Federer langsung memimpin 5-0 hanya dalam 12 menit, merebut set pertama dalam 27 menit dan jarang terancam.

"Ini awal yang sempurna," kata Federer. "Saya bermain pada Senin, libur dua hari, dan secara fisik sekali lagi saya tidak kesulitan dan sekarang saya berada di putaran ketiga rasanya seperti saya sepenuhnya masuk ke turnamen ini."

Federer, lima kali juara AS terbuka, akan menghadapi peringkat 109 Paul-Henri Mathieu untuk menentukan tempat pada babak 16 besar di lapangan keras Flushing Meadows.

Petenis Rusia Davydenko, semifinalis AS Terbuka 2006 dan 2007 yang kalah oleh Federer, menyerah 3-6, 4-6, 2-6 pada peringkat 38 Richard Gasquet, yang selanjutnya akan menghadapi salah satu dari petenis Afrika Selatan Kevin Anderson atau unggulan 26 asal Brazil Thomasz Bellucci.

Gasquet, salah satu di antara 12 petenis Prancis yang berhasil mencapai putaran kedua, hanya kehilangan tujuh dari 52 poin pada servis pertamanya ketika Davydenko mengalami kekalahan tercepatnya di AS terbuka sejak 2005.

Davydenko bergabung dengan para unggulan AS Terbuka yang tersingkir termasuk unggulan ketujuh Tomas Berdych dari Republik Ceko, unggulan sembilan asal AS Andy Roddick dan petenis Kroasia Cilic, yang kalah dalam pertandingan terlama pekan ini hanya kurang 60 detik dari lima jam.

Nishikori, peringkat 147, berjuang mengatasi kram pada hari terpanas dari pekan yang terik untuk mengalahkan semifinalis Australia Terbuka Cilic 5-7, 7-6 (8/6), 3-6, 7-6 (7/3), 6-1 dalam duel lima jam yang melelahkan.

"Saya kram sejak set kedua tetapi terus berjuang dan berjuang dan berhasil merebut `tiebreak` set keempat. Itulah kuncinya bagi saya," kata Nishikori.

Nishikori, yang melaju ke putaran keempat AS Terbuka pada 2008 adalah penampilan terbaiknya dalam Grand Slam dan yang terbaik yang dicapai petenis Jepang di sana sejak 1937, selanjutnya bertemu petenis Spanyol unggulan 21 Albert Montanes, yang menundukkan petenis Australia Carsten Ball 6-4, 6-3, 6-1.

Unggulan ketiga asal Serbia Novak Djokovic siap bertemu petenis Jerman Philipp Petzschner pada pertandingan malam di Arthur Ashe Stadium.

Unggulan kelima dari Swedia Robin Soderling mencapai putaran ketiga juga dalam tiga set langsung, menundukkan petenis Amerika Taylor Dent 6-2, 6-2, 6-4. Runner-up Prancis Terbuka itu selanjutnya akan melawan petenis Belanda Thiemo de Bakker.

Unggulan 19 dari AS Mardy Fish, yang memenangi dua gelar pada Juli dan runner-up di Cincinnati bulan lalu, menyingkirkan petenis Uruguay Pablo Cuevas 7-5, 6-0, 6-2.

Selanjutnya yang berada pada jalur untuk bertemu Fish adalah petenis Prancis Arnaud Clement, yang memimpin 6-3, 5-5 ketika petenis Argentina Eduardo Schwank mundur karena cedera pergelangan kaki.

Fish mengatakan ia merasa seperti bisa menerobos 10 peringkat teratas dunia tahun depan dan yakin ia bisa memenangi kemungkinan pertandingan putaran keempat melawan Djokovic.
(F005/B010)

Pewarta: NON
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010