Islamabad, Pakistan (ANTARA News) - Tim kemanusiaan asal Indonesia yang akan memberikan pelayanan kesehatan bagi para korban banjir tersebar di tiga provinsi di Pakistan yakni Punjab, Pakhtunkhwa dan Sindh.

"Tim dari Indonesia yang membawa bantuan kemanusiaan tersebar di tiga wilayah di Pakistan," kata Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Ishak Latuconsina kepada ANTARA di Islamabad, Pakistan, Jumat.

Dubes menyebutkan di Distrik Charsadda, Pakhtunkhwa terdapat Tim satuan reaksi cepat penanggulangan bencana dibawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang dikirim oleh Pemerintah Pusat.

Di Distrik Multan, Provinsi Punjab terdapat relawan dari Mer-C dan di Karachi Provinsi Sindh terdapat relawan dari Aksi Cepat Tanggap dan Dompet Dhuafa.

"Dengan demikian maka tim Indonesia telah tersebar di tiga wilayah Pakistan bagian Utara yakni Pakhtunkhwa, di bagian Tengah yakni Punjab dan di bagian Selatan yakni Sindh," katanya.

Menurut duta besar, kehadiran tim dari Indonesia baik yang berasal dari pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat akan memberikan dampak bagi tumbuhnya citra positif Indonesia di Pakistan.

Untuk itu, Duta Bersar menyampaikan apresiasinya kepada tim Indonesia yang telah datang ke Pakistan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi para korban banjir Pakistan.

Duta besar juga menambahkan, berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Pemerintah Pakistan diketahui bahwa bencana banjir telah menelan korban jiwa sebanyak 1.600 orang.

Selain itu, korban luka-luka mencapai 2.366 orang dan kerusakan rumah mencapai 1.273.343 yang tersebar di lima wilayah di Pakistan yakni Balochistan, Pakhtunkhwa, Punjab, Sindh, Azad Jammu Kashmir dan Gilgit Agency.

Pemerintah Indonesia sendiri hingga saat ini telah memberikan bantuan bagi korban banjir Pakistan dengan total 3,3 juta dolar Amerika dan sebagian besar dikirimkan dalam bentuk obat-obatan.


(W004/S026)

Pewarta: NON
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010