Jakarta (ANTARA News) - Komputer tablet pertama Samsung Electronics, Tab Galaxy, akan dijual dalam dua minggu, kata perusahaan itu Kamis, memanaskan persaingan untuk iPad Apple Inc.

Vendor global handset dan pembuat PC termasuk Nokia, LG Electronics, dan Hewlett-Packard Co berpindah ke kategori perangkat baru, antara PC tradisional dan ponsel pintar, menjawab isyarat dari Apple.

Dell Inc mengatakan sebulan terakhir telah meluncurkan perangkat tablet baru, Streak Dell, untuk pelanggan AS.

"Kami melihat potensi besar dalam produk semacam ini," kata YH Lee, Kepala Pemasaran Samsung Mobile kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada sela-sela pameran elektronik konsumen IFA.

Galaxy Tab dengan layar tujuh inchi akan dijual di pasar Eropa pertengahan September. Perangkat menggunakan perangkat lunak Google Android yang menawarkan akses ke buku, film, dan musik.

"Samsung bertaruh besar pada kategori tablet dengan perangkat ini," kata Ben Wood, direktur penelitian di CCS Insight, menambahkan keberhasilan Galaxy Tab, yang jelas lebih kecil dari iPad yang berlayar 9,7 inci, akan tergantung pada harganya.

Manajemen portofolio Samsung, Direktur Thomas Richter mengatakan harga akan tergantung pada paket operator di tiap negara-negara yang berbeda, tetapi perangkat akan lebih mahal dari harga ponsel pintar high-end.

Di Finlandia harga eceran Galaxy Tab diperkirakan, tanpa subsidi, akan menjadi 949 euro (1.214 dolar), jauh diatas harga iPad.

iPad 32 GB dijual rata-rata 864 euro di Finlandia.

Samsung mengatakan semua operator kunci di Eropa menjual ponsel Samsung juga akan menawarkan Tab untuk klien mereka, dan beberapa operator besar akan menjualnya di Amerika Serikat.

Minggu lalu perusahaan research iSupply memperkirakan iPad mengambil bagian hampir tiga perempat dari seluruh dunia dalam pengiriman tablet tahun ini, dan menguasai paling sedikit 70 persen dari pasar pada 2011 dan 62 persen pada 2012.

Samsung mengatakan pasar masih luas.

"Peluang pasar terbuka lebar," kata Lee YH.

Banyak Android

Untuk meraih kesempatan itu, Toshiba meluncurkan tablet Folio 100, dengan layar 10 inci, dan mengatakan itu akan tersedia dalam kuartal empat di Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Tablet Toshiba akan menggunakan prosesor Nvidia dan Google Android.

Huawei mnegatakan tablet pertamanya, berlayar 7-inci dijalankan dengan perangkat lunak Google Android, yang akan menyentuh konsumen di Eropa pada waktunya ketika musim berjualan saat liburan.

"Perangkat itu seharga 300 euro, atau kurang," kata Kepala Pemasaran Perangkat Huawei, Victor Xu kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Xu mengatakan tablet Huawei berikutnya akan memiliki layar 10-inch dan menjangkau konsumen tahun depan.

Xu mengatakan perusahaan telah memutuskan untuk fokus menggunakan perangkat lunak Android.

"Kunci untuk Huawei adalah standar terbuka dan tidak dikontrol oleh beberapa dinosaurus," kata Xu.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010