Jakarta (ANTARA News) - Hari Rabu pekan ini Apple akan meluncurkan versi terbaru Sistem operasi iPhone dan iPod Touch, yaitu Apple IOS 4.1. Harian Telegraph menuturkan beberapa fitur andalan yang akan hadir dari update piranti lunak tersebut yaitu;

IOS 4.1 akan tersedia secara gratis sebagai update di ponsel iPhone 4,iPhone 3GS dan iPhone 3G. Pengguna  generasi kedua dan ketiga iPod Touch juga bisa mengunduh piranti lunak itu secara gratis. IOS 4.1 akan tertanam sejak awal pada  iPod touch terbaru.

Uptade itu memperbaiki sejumlah kelemahan  pada sistem operasi IOS 4, misalnya  masalah dengan sensor proximity pada iPhone, kinerja lebih baik dalam  koneksi Bluetooth, dan perbaikan yang akan membantu piranti lunak itu berjalan lebih cepat di iPhone 3G.

Sistem operasi itu juga menambah peralatan dan fitur baru yaitu :
Foto yang lebih baik : IOS 4.1  memuat  teknologi  High Dynamic Resolution (HDR) guna membantu pengguna mengambil foto secara lebih baik.

Setiap kali suatu foto "dijepret", ada tiga versi gambar sama yang tertangkap, iPhone kemudian akan menyatukan gambar ini bersamaan, dan mengambil element terbaik dari tiap foto itu untuk menghasilkan sebuah foto dengan tingkat kecerahan, keseimbangan warna dan ketajaman yang tepat.

Sayangnya, HDR hanya akan tersedia bagi pemilik iPhone 4. Tapi, semua pengguna iPhone akan mendapatkan  update yang akan mempermudah dalam mengendalikan  kamera ketika mengambil sebuah foto dalam modus Landscape.

Game Centre : Piranti lunak baru itu a menyertakan apa yang sudah ditunggu-tunggu yaitu dukungan untuk Game Centre, layanan  social gaming dari Apple, ke perangkat kompatibel.

Game centre memungkinkan pengguna untuk bermain melawan orang lain  yang sedang berada di tempat lain.

Pengguna dapat memilih untuk bermain melawan seorang teman, atau menguji keterampilan mereka dengan melawan orang asing. Orang tua juga bisa menonaktifkan Game centre jika mereka tak ingin anak-anak mereka bermain dengan orang lain di internet.

Ping : Jejaring sosial musik baru Apple Ping, juga akan tersedia pada perangkat iPhone dan iPod Touch seiring update  IOS 4.1.

Layanan itu, yang merupakan bagian dari iTunes, menarik lebih dari satu juta pengguna pada hari pertama peluncuran.

Sistem operasi baru itu akan memungkinkan Pengguna Ping untuk memantau dan mengakses profil mereka melalui perangkat bergerak dan juga untuk melihat lagu lagu apa yang baru dibeli oleh teman mereka, dan menyimpan lagu dari artis favorit mereka.

Pengunggahan Video High Definition (HD) : iPhone 4 dan iPod Touch baru juga bisa melakukan perekaman video high definition, dan update ke IOS 4.1 membuat hal itu mudah untuk melakukan unggah video secara langsung ke internet.

Pengguna harus memiliki koneksi Wi-Fi untuk bisa secara langsung menyebarkan video HD mereka ke YouTube atau MobileMe, yang merupakan layanan sinkronisasi data berbasis cloud dari Apple.
(yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010