Makassar (ANTARA News) - Penghimpunan zakat, infaq dan sedekah Dompet Dhuafa Sulsel hingga kini telah mencapai sekitar Rp487 juta.

Direktur Dompet Dhuafa Sulsel Wisudawan di Makassar, Selasa, mengatakan, jumlah tersebut diperoleh dari dana zakat, infaq dan sedekah dari sebagian besar warga Makassar dan Sulawesi Selatan selain perusahaan donatur.

Dana tersebut disalurkan melalui program-program Dompet Dhuafa seperti Layanan Kesehatan cuma-cuma yang anggota telah mencapai sekitar 970 keluarga dhuafa.

"Dana zakat juga telah membantu melayani 52 persalinan gratis di rumah sakit bersalin cuma-cuma yang dikerjasamakan bersama Badan Amil Zakat Provinsi Sulsel," katanya saat menggelar buka puasa bersama 500 anak panti asuhan dari 13 panti asuhan.

Selain itu, dana zakat juga telah disalurkan melalui program beasiswa serta pembangunan sekolah gratis setingkat sekolah dasar bekerjasama dengan Yayasan Faturahman di Kawasan Maccini Sombala.

Pihaknya juga menggelar program kelompok usaha pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dengan memberikan gerobak coto keliling bagi dhuafa yang menganggur.

"Biaya permodalannya dibiayai oleh Dompet Dhuafa yang bersumber dana zakat di Sulsel serta bantuan dari Dompet Dhuafa, Jakarta," jelasnya. (ANT/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010