Washington (ANTARA News) - Utusan Amerika Serikat untuk Korea Utara Stephen Bosworth dan beberapa pejabat lainnya akan melakukan perjalanan ke Seoul, Tokyo, dan Beijing pekan depan untuk membicarakan Korea Utara.

Bosworth, Sung Kim, utusan khusus untuk pembicaraan pelucutan senjata nuklir enam-pihak, dan Daniel Russell, direktur Asia Dewan Keamanan Nasional, akan melakukan lawatan ke tiga negara (Korea Selatan, Jepang dan China), demikian kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Philip Crowley, Selasa.

Tim itu akan mengunjungi Seoul pada 12-14 September, Tokyo 14-15 September dan Beijing 15-16 September "untuk pembicaraan mengenai Korea Utara", ia menjelaskan pada wartawan. Ia menambahkan bahwa perjalanan itu merupakan bagian dari kesibukan konsultasi belakangan ini mengenai Korea Utara.

Ditanya apakah ketiga orang itu mungkin akan mengadakan pertemuan dengan para pejabat Korea Utara dalam lawatan itu atau apakah mereka akan melakukan perjalanan itu benar-benar untuk pembicraan tersebut, Crowley menjawab: "Tidak ada yang telah diantipasi".

Utusan Korea Selatan Wi Sung-Lac berada di Washington pekan lalu, sebagaimana perunding China Wu Dawei

Pada akhir Agustus, Presiden China Hu Jintao telah menerima pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il dengan mendesakkan dimulainya kembali pembicaraan enam pihak yang terdiri atas AS, China, Kedua Korea, Jepang dan Rusia.

"Kita akan meneruskan konsultasi kita dengan pihak-pihak penting dalam proses ini, tapi saya akan mendapat kesan, sebagaimana kita dapatkan pada masa lalu, bahwa Korea Utara lah yang perlu melakukan apa yang negara itu dapat lakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi kemajuan kita," katanya.

Korea Utara menolak mendukung pembicaraan pelucutan senjata enam pihak pada April tahun lalu, menyusul kecaman PBB karena uji coba roket jarak jauh, demikian AFP.

(S008/S004/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010