Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Mandiri Sekuritas, menjadi penjamin pelaksana emisi (underwriter) pada penawaran umum terbatas (right issue) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

"Dipastikan ketiga sekuritas BUMN itu yang menjadi penjamin pelaksana emisi, karena ketiganya sedang menunjukkan kinerja yang bagus," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu.

Adapun penunjukkan resmi underwriter itu, menurut Mustafa masih dalam proses. "Sedang dalam proses, tetapi secara prinsip (rights issue) Bank Mandiri akan berbarengan dengan IPO Krakatau Steel tahun ini," tuturnya.

Sebelumnya, Bank Mandiri menyatakan sebanyak delapan perusahaan sekuritas mengajukan lamaran sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter) penerbitan saham baru (rights issue) sekitar 10,13 persen saham.

Manajemen Bank Mandiri akan memprioritaskan penunjukan underwriter terlebih dahulu. Selanjutnya bersama underwriter itu, Mandiri akan menentukan agen penjual (selling agent).

Untuk menarik minat investor asing, Bank Mandiri akan menggelar roadshow ke sejumlah investor di berbagai negara dunia. Kepastian investor dan negara tujuan baru diperoleh setelah ada kajian bersama dengan underwriter terpilih.

(KR-ZMF/B008/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010