Jakarta (ANTARA News)- Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah Stasiun Gambir Jakarta Pusat terlihat lengang meski beberapa pemudik masih tampak duduk dan berbaring menunggu kereta di selasar lantai dasar stasiun.

ANTARA News yang memantau Kamis melaporkan, tidak terlihat antrean penumpang di loket-loket penjualan tiket dan peron-peron kereta api di stasiun itu.

"Lonjakan penumpang terjadi kemarin yakni sebesar 12.115 penumpang, sementara hari ini sampai pukul 16.30 tadi baru 6.903 penumpang yang diberangkatkan," kata Muhammad Basyir, Wakil Kepala Stasiun Gambir.

Jumlah pemudik yang menggunakan kereta dari Stasiun Gambir memang mengalami penurunan jika dibandingkan musim mudik tahun sebelumnya.

Jika tahun lalu lonjakan pemudik telah dimulai sejak H-4, yakni mencapai 11.977 orang dan mencapai puncaknya pada H-3 dengan 13.624 orang, sementara tahun ini puncaknya baru terjadi dua hari menjelang Hari Lebaran.

Tahun ini, tiga hari menjelang lebaran penumpang kereta api dari Stasiun Gambir hanya sejumlah 8.557 dan sehari sebelumnya hanya 6.997 pemudik.

Penurunan jumlah penumpang itu juga diakui oleh Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api DAOP I Jakarta.

"Jumlah penumpang kereta api musim mudik tahun ini memang berkurang sekitar 13 persen dari tahun sebelumnya," ujar Mateta Rizaluhaq yang dihubungi melalui sambungan telepon.

"Secara keseluruhan sekitar 316.492 penumpang yang kita berangkatkan sejak H-10, berkurang hampir 50.000 orang jika dibandingkan tahun lalu yang sejumlah 362.145 pemudik," lanjut Mateta.

Akan tetapi, sambung Mateta, PT Kereta Api masih akan mengantisipasi arus balik yang diperkirakan dimulai sehari setelah Lebaran.

(Ber/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010