Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Ditlantas Polda Metro Jaya) mencatat 110 kecelakaan lalulintas yang terjadi selama musim arus mudik selama H-7 hingga H-1.

"Mayoritas sepeda motor yang terlibat kecelakaan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Pol. Boy Rafli Amar saat dihubungi melalui telepon selular di Jakarta, Kamis tengah malam.

Boy menyebutkan kecelakaan pada arus mudik sejak 3 hingga 9 September 2010 itu melibatkan 103 sepeda motor, 41 unit mobil dan angkutan umum, 16 bus dan 23 unit truk.

Sedangkan jumlah korban meninggal dunia mencapai 25 orang, luka berat 40 orang dan luka ringan sebanyak 73 orang.

Anggota Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyita 176 barang bukti berupa kendaraan dan lainnya dengan kerugian sebesar Rp203.755.000.

Sementara itu, terkait dengan data kecelakaan lalulintas yang terjadi selama perayaan malam takbiran, Boy belum bisa menjelaskan pasalnya rekapitulasi data selesainya Jumat (10/9) pagi.

Namun demikian, perwira menengah kepolisian itu menjelaskan kondisi perayaan malam takbiran berjalan tertib secara keseluruhan di Jakarta.

"Meski ada warga yang naik atap metromini tapi umumnya berjalan tertib," ujar Boy.

Boy menegaskan kendaraan yang menyalahi aturan lalulintas dikenakan sanksi tindak pelanggaran (tilang) dan dipisahkan dari ruas jalan protokol. (T014/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010