Jakarta (ANTARA News) - Taman Impian Jaya Ancol tahun ini tetap menjadi target kunjungan saat libur Lebaran, dan ditargetkan ada 1,4 juta pengunjung selama 10 hari libur lebaran, sedangkan pada saat Idul Fitri, Jumat (10/9), ada 75.000 pengunjung.

"Sejak Kamis malam, pengunjung yang ke Ancol sudah mencapai 75.000 orang, yaitu ketika malam takbiran ada sebanyak 40.000 orang dan untukJumat hingga siang ada sekitar 35.000 pengunjung. Biasanya, puncak kunjungan itu pada lebaran kedua dan seterusnya. Jadi angka tersebut masih bergerak," kata Nicke Putri, Humas PT. Pembangunan Jaya Ancol selaku pengelola objek wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Dikatakannya, target kunjungan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya 1,1 juta pengunjung. Meskipun demikian, pihak manajemen Ancol optimistis bisa memenuhi target kunjungan 1,4 juta pengunjung dengan berbagai kegiatan menarik yang disuguhkan selama libur lebaran.

"Kami menggelar berbagai kegiatan menarik untuk mendongkrak jumlah kunjungan selama libur lebaran diantaranya yaitu Konser Musik Artis Ibukota dengan menampilkan Ridho Rhoma, Rhoma Irama, The Changcuters di Pantai Carnaval. Begitu juga di Pantai Festival ada pagelaran musik serupa dengan menampilkan Mulan Jameela, Cinta Laura, Drive, Kerispatih, Blackout, Panthom, dan artis lainnya," papar Nicke.

Selain pertunjukan konser musik, sambung Nicke, ada juga kegiatan hiburan lainnya di unit-unit rekreasi seperti Gelanggang Samudra menampilkan aktraksi akrobatik atau stuntment show bersama lumba-lumba. Begitu juga di wahana Dunia Fantasi digelar Cowboy Show, Meet & Greet Dufan Characters Show, hingga Musical Fireworks.

"Bahkan pengunjung pun berkesempatan untuk memenangkan undian berhadiah sepeda motor sebanyak 35 unit dari tanggal 13-26 September 2010. Dimana, kupon undian diberikan di lokasi Pintu Gerbang Ancol Taman Impian yang dapat dimasukkan dalam box pengembalian kupon undian yang tersebar di seluruh kawasan pantai," jelasnya. Sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada Sabtu (26/9) dan Minggu (26/9) di Pantai Indah pukul 20.00 WIB.

Untuk mengantisipasi antrian pengunjung, Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan 85 pintu masuk, dari 40 pintu masuk yang dibuka pada hari biasa. Selain itu, pihak Taman Impian Jaya Ancol pun diperketat dengan menerjunkan 1000 personil petugas keamanan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Security Ancol, dan Pramuka. Selain itu juga, pihak ancol memasang 32 kamera CCTV untuk memantau kepadatan wisatawan.

Sedangkan yang menjadi tempat favorit pengunjung Ancol masih di kawasan wisata air seperti pantai mencapai 40 persen, Atlantis mencapai 30 persen, Dunia Fantasi dan Gelanggang Samudra mencapai 15 persen. "Paling padat dikunjungi adalah kawasan pantai dari beberapa wahana rekreasi yang ada di Ancol," kata Nicke.
(T.ANT-008/J006/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010