Los Angeles (ANTARA News) - Lady Gaga berhasil menyisihkan penyanyi country Taylor Swift untuk meraih anugerah utama pada MTV Video Music Awards, Minggu, dengan hampir tidak kesulitan melewati panggung dengan kostum yang rumit.

Mengenakan gaun berlapis-lapis dan sepatu hak tinggi, penyanyi pop yang flamboyan ini menerima penghargaan sebagai penyanyi perempuan terbaik lewat lagunya "Bad Romance," sekaligus mendepak pesaingnya Swift lewat nomor "Fifteen."

"Malam ini, hai monster-monster cilik, kita adalah anak-anak keren di pesta ini," kata Lady Gaga, menggunakan istilah monster cilik kepada para penggemarnya.

Lady Gaga (24) yang bernama asli Stefani Germanotta juga menyabet sejumlah penghargaan sebelum seremoni MTV di Nokia Theatre itu dimulai.

Dia meraih penghargaan untuk kategori video tari terbaik untuk "Bad Romance," dan duet terbaik dengan Beyonce dalam "Telephone".

Penghargaan kedua untuk video Rock terbaik jatuh kepada band rock pimpinan Jared Leto, "30 Seconds to Mars" dengan klip videonya "Kings and Queens."

Lady Gaga menjadi penyanyi yang paling banyak dinominasikan mendapat penghargaan untuk 13 nominasi termasuk Video Terbaik tahun ini.

Penyanyi Rap Eminem membuka acara dengan dua hitnya secara beruntun --"Not Afraid" dan "Love the Way you Lie"-- meraih delapan nominasi.

Presentasi hadiah pada penghargaan MTV lebih lancar dibanding sebelumnya.

Bintang pop remaja asal Kanada, Justin Bieber, memekakkan telinga ketika tampil di panggung terbuka yang disambut jeritan sepasukan  perempuan penggemarnya.

Sebelumnya, pembawa acara Chelsea Handler menyampaikan sedikit banyolan kepada penyanyi berusia 16 tahun tersebut.

"Bayangkan akan sebagus apa musiknya ketika dia memacari perempuan," katanya.

Handler, yang juga memohon kepada para pemenang untuk menunjukkan prilaku terburuk mereka, menyia-nyiakan waktu dengan mengajak penonton mengingat kontroversi tahun lalu ketika rapper Kanye West menyela pidato selebrasi Swift.

Dia menggambarkan kontroversi itu sebagai "Gajah besar hitam di panggung."

Swift tidak akan bisa disela. Nominasi tunggalnya hanya untuk kategori video penyanyi pop perempuan. Namun dia dijadwalkan membawakan sebuah lagu baru dalam perhelatan tersebut seperti dilakukan Kanye West.

MTV yang dimiliki Viacom kemungkinan besar  menjadi pemenang utama perhelatan malam itu.

Tahun lalu saja seremoni ini menarik 9 juta pemirsa, naik 6 persen dari angkat 2008 dan jumlah pemirsa terbesar sejak 2004. (*)

Reuters/Adam/Jafar

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010