Wina (ANTARA News) - Kartel minyak OPEC harus beradaptasi dengan perubahan prioritas energi dunia, sekretaris jenderal Abdalla Salem El-Badri mengatakan Selasa, sehubungan kartel merayakan ulang tahunnya yang ke-50.

"Kami menghadapi dunia yang berubah - teknologi berubah, perubahan lingkungan, perubahan di pasar itu sendiri," El-Badri mengatakan kepada para wartawan di markas organisasi di Wina.

"OPEC harus menyesuaikan diri."

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), didirikan pada 14 September 1960, memiliki 12 anggota hari ini, yang bersama-sama menghasilkan lebih dari sepertiga minyak dunia.

Tapi pihaknya terus meningkatkan pemunculan sumber-sumber energi terbarukan.

"Kami tidak senang dengan subsidi lain sumber energi," El-Badri

mengatakan kepada konferensi pers.

"Kami tidak suka negara-negara memajaki minyak pajak, pajak minyak bumi dan menggunakan pajak untuk mensubsidi energi lain. Hal ini tidak dapat diterima bagi kami," tambahnya, mengecilkan

dampak dari energi terbarukan pada kartel di masa mendatang.

Pasokan minyak OPEC dan non-negara OPEC lebih dari cukup untuk

waktu dekat, dia juga bersikeras.

"Kami memiliki cadangan yang cukup di negara kami, kami memiliki cadangan yang cukup di seluruh dunia, bahan bakar fosil akan tersedia sekitar untuk 50 tahun mendatang," katanya, mencatat bahwa "permintaan tumbuh."

Sementara itu Ketua OPEC menolak untuk mengomentari kemungkinan perubahan kuota produksi untuk 12 anggota atau perubahan harga minyak sebelum akhir tahun.

"Harga akan bergerak dari 72 menjadi 82-83 dolar benar-benar nyaman pada saat ini," ia hanya mengatakan, menambahkan bahwa jika permintaan meningkat, juga akan produksi.

Ketika ditanya tentang rencana Irak untuk meningkatkan produksi sampai 12 juta barel per hari dalam enam tahun dari 2,5 juta pada saat ini, dia tetap berhati-hati, bersikeras dia ingin menunggu dan melihat, sebelum menilai bagaimana hal ini dapat mempengaruhi kartel.

Irak saat ini tidak memiliki kuota resmi karena kerusuhan di negara itu.

"Ketika saya mendengar sekitar 11 MBD (juta barel per hari), itu minyak yang banyak, banyak pekerjaan, banyak pipa, banyak fasilitas produksi."

"Dengan dua MBD, Anda sudah memiliki masalah," kata dia.

AFP/A026

Pewarta: NON
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010