Merak (ANTARA News) - Pemudik dibiarkan pingsan selama hampir setengah jam sebelum akhirnya mendapat bantuan medis dari Posko Kesehatan di Dermaga III Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Pemudik bernama Amanah (30) warga Warung Panjang Kecamatan legok Kabupaten Tangerang kedapatan pingsan setelah melakukan perjalanan menggunakan kapal dari Bakauheni Lampung, Rabu malam.

Namun karena kesibukan petugas di pelabuhan korban dibiarkan hampir setengah jam tidak sadarkan diri, dengan hanya ditemani saudaranya.

"Saudara saya dibiarkan selama setengah jam di Dermaga III, padahal kami sudah melapor," kata salah seorang kerabat Amanah, Andri saat ditemui di Posko Kesehatan.

"Setelah kapal KMP Nusa Bahagia sandar dan antri di pintu keluar, saudara saya ini langsung jatuh pingsan. Saat itu juga saya langsung minta bantuan ke petugas kapal di pelabuhan," katanya.

Menurut dia, sudah dua kali menemui petugas sebelum akhirnya mereka mencari bantuan dengan menelpon petugas medis.

"Setelah saya mendesak kembali minta bantuan. Setengah jam kemudian barulah datang petugas dengan membawa ambulans," katanya menjelaskan.

Ditemui di Posko Kesehatan, Amanah mengaku dirinya tidak ingat apapun ketika hendak keluar kapal menuju gang di Dermaga III.

"Mungkin saya kelelahan, sehingga saya pingsan," kata Amanah terbata-bata, didampingi dua orang petugas medis.

Amanah yang saat itu bersama dengan tiga orang kerabatnya usai berkunjung dan bersilaturahmi kerumah orang tuanya di Tanjung Pitu, Kabupaten Tulung Bawang, berangkat dari Bakauheni, Lampung pukul 18. 00 WIB.(*)

(ANT-152/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010