Markas PBB (ANTARA News) - Jumlah anak-anak yang meninggal sebelum mencapai ulang tahunnya yang kelima telah turun sebanyak sepertiga dalam dua dasawarsa terakhir, namun masih ada lebih dari delapan juta kematian setiap tahun, kata Badan Peserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Urusan Anak-anak (Unicef), Kamis (16/9).

Rata-rata kematian meningkat di India, Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Pakistan dan China.

Menurut perkiraan terakhir Unicef, jumlah kematian anak-anak dibawah usia lima tahun telah menurun dari 12,4 juta per tahun pada 1990 menjadi 8,1 juta pada 2009.

Angka rata-rata kematian anak usia dibawah lima tahun dunia pada periode itu telah turun dari 89 kematian per 1.000 kelahiran menjadi 60 per 1.000 kelahiran.

Unicef mencatat bahwa hal itu berarti jika jumlah anak-anak di seluruh dunia yang meninggal lebih sedikit 12.000 orang dibandingkan pada 1990.

Namun, Unicef juga mencatat jika "tragedi kematian anak yang dapat dicegah masih berlanjut. Sekitar 22 ribu anak-anak dibawah usia lima tahun masih meninggal setiap harinya, sekitar 70 persen dari kematian itu terjadi di tahun pertama kehidupan anak."

Angka rata-rata kematian anak tertinggi adalah di sub sahara Afrika, lokasi dimana sekitar satu dari delapan anak-anak tewas sebelum mencapai ulang tahun kelimanya --hampir 20 kali dari angka rata-rata kematian di kawasan berkembang (1 dalam 167).

Asia selatan memiliki angka rata-rata tertinggi kedua, dengan sekitar 1 untuk setiap 14 anak meninggal sebelum mencapai lima tahun.

Namun sekitar separuh dari kematian awal anak-anak di seluruh dunia saat ini terjadi di India, Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Pakistan, dan China.

Dan kecepatan dari penurunan tidak akan cukup cepat untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) pada 2015, kata Unicef.

Kematian anak akan menjadi salah satu tujuan kunci yang dibahas dalam sidang tahunan PBB di New York pekan depan.

Angka perkiraan baru akan diterbitkan pada laporan Tingkat dan Kecenderungan Kematian Anak pada 2010, yang dikeluarkan oleh Badan PBB urusan Perkiraan Kematian Anak (IGME).
(Uu.G003/H-AK/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010