New York (ANTARA News/AFP) - Raksasa komputer Dell berencana untuk membuka pusat keduanya di China tahun depan, karena pihaknya mempertimbangkan investasi 100 miliar dolar di pasar yang tumbuh paling cepat di dunia pada dekade mendatang, kata seorang juru bicara Jumat.

Perusahaan komputer berbasis Texas mengatakan, pusat yang baru di kota Chengdu di provinsi Sichuan China barat akan mencakup manufaktur, penjualan dan layanan untuk mendukung pertumbuhan yang cepat di wilayah ini, kata David Frink kepada AFP.

Pusat baru ini diharapkan akan beroperasi pada 2011 dan akan mempekerjakan hingga 3.000 anggota tim, selain Dell telah mempekerjakan 6.000 di China, katanya.

Total pengeluaran Dell pada fasilitas, pekerjaan, penelitian dan pengembangan serta pembelian dari pemasok di China "diperkirakan lebih besar dari 100 miliar dolar AS selama dekade berikutnya," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Pemilihan lokasi pusat yang baru juga mendukung kebijakan pemerintah untuk pengembangan wilayah barat karena wilayah pesisir menjadi semakin mahal bagi perusahaan.

"Tenaga kerja yang kuat di Chengdu dan operasi baru kami di sana akan memposisikan lebih baik Dell untuk menambah peluang pertumbuhan di China barat," kata Amit Midha, presiden Dell China.

Dell, pemasok komputer nomor dua di China, mengatakan penerimaannya di negara itu meningkat 11 kali lipat selama dekade terakhir. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010