Palembang (ANTARA News) - Gelandang sayap Tim Nasional Indonesia Mohammad Ridwan optimistis dapat melaju ke semifinal Piala AFF 2010 meskipun berada satu grup dengan Thailand dan Malaysia.

"Meskipun sebagian orang berpendapat kami akan kesulitan karena berdasarkan undian beberapa waktu lalu satu grup dengan Thailand dan Malaysia, tapi saya yakin kita bisa melaju ke semifinal," kata Ridwan yang dihubungi dari Palembang, Senin.

Rasa optimistis itu diakui Ridwan berkat dilatih oleh pelatih asal Austria Alfred Riedl yang menggantikan pelatih Benny Dollo sejak beberapa bulan lalu.

"Saya sering berdiskusi dengan Rield, dan ternyata dia telah memata-matai kekuatan dan kelemahan Thailand saat beruji coba dengan India beberapa waktu lalu," kata pemain Sriwijaya Football Club ini.

Berkat pengamatan itu, kata dia, Riedl dapat menemukan formula untuk mengatasi Thailand nanti.

"Thailand adalah tim yang bagus dan mendominasi dalam uji coba melawan India. Tapi, Riedl sudah siapkan penangkalnya. Jadi, kami yakin bisa mengatasi Thailand," ujar dia.

Begitu pula halnya dengan Malaysia, yang akan menjadi lawan tanding di laga pembuka Piala AFF, 1 Desember 2010.

Menurut Ridwan, sebenarnya kekuatan Vietnam dan Singapura yang patut diwaspadai. Dan, Indonesia akan bertemu dua tim ini jika lolos di babak penyisihan Grup A dengan mengandaskan Malaysia dan Thailand terlebih dahulu.

"Indonesia berpeluang lolos ke semifinal mengingat pada babak penyisihan grup bertindak sebagai tuan rumah. Sebagai tuan rumah, tentunya kami akan tampil lebih semangat dan tidak ingin dipermalukan di depan publiknya sendiri," kata pemain kelahiran Semarang, 8 Juni 1980 ini.

Piala AFF tahun 2010 digelar di dua tempat, yakni Vietnam dan Indonesia, dengan dibagi dalam dua grup yang masing-masing terdiri atas empat tim.

Saat ini, baru enam tim dinyatakan mengikuti babak penyisihan grup, yakni Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Singapura.

Dua tiket lagi diperebutkan di babak kualifikasi oleh Filipina, Kamboja, Timur Leste, dan Laos. Babak kualifikasi digelar di Laos, 22-26 Oktober 2010.

Pertandingan penyisihan Grup A dari AFF Championship ini akan dilaksanakan pada tanggal 1, 4, dan 7 Desember di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sementara penyisihan Grup B digelar pada tanggal 2, 5, dan 8 Desember di Hanoi, Vietnam.

Peluang Indonesia untuk lolos ke semifinal terbilang berat mengingat menghadapi Thailand yang dalam beberapa tahun terakhir sangat sulit dikalahkan Timnas.

Begitu pula ketika berhadapan dengan Malaysia yang sedang menanjak grafiknya setelah menjuarai SEA Games 2009 di Laos dengan mengalahkan Vietnam 1-0.

"Semua lawan berat, tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin membawa nama negara. Publik boleh saja meragukan, tapi kami mengangap hal itu sebagai tantangan," ujar dia.(*)

(ANT-039/D007/r009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010