Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat dan pemimpin China terkait peringatan ke-61 kemerdekaan negera tersebut.

Ucapan selamat itu disampaikan Boediono pada resepsi peringatan 61 Tahun Kemerdekaan China dan peringatan 60 tahun hubungan RI-China, di Jakarta, Selasa malam.

"Saya sampaikan selamat kepada rakyat dan Pemerintah China dari rakyat, pemerintah Indonesia dan saya pribadi atas kemerdekaan China," katanya.

Wapres yang hadir didampingi Herawati Boediono mengatakan, Indonesia selalu menempatkan hubungan kedua negara pada tingkatan yang amat penting.

Ia mengatakan, hubungan kedua negara telah mengalami banyak perubahan namun hal itu diharapkan dapat mempererat dan meningkatkan hubungan dua negara di masa datang.Beragam kemajuan dalam hubungan kedua negara terus terjadi, ujar Boediono.

"Kemitraan strategis dan rencana aksi yang telah disepakati kedua negara, dapat menjadi tonggak bahwa hubungan kedua negara pada 60 tahun mendatang akan semakin kuat, hangat dan produkktif," tutur Wapres.

Indonesia dan China adalah dua bangsa yang memiliki tingkat peradaban yang tinggi dan memiliki sejarah panjang.

Diakhir pidato singkatnya, Wapres kembali menyampaikan selamat dan salam hangat kepada rakyat dan pemimpin China diakhiri ucapan terimakasih dalam bahasa Mandarin. "Xie Xie...," katanya.

Resepsi peringatan 61 tahun Kemerdekaan China dan 60 tahun hubungan RI-China dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan perwakilan negara sahabat.
(R018/R010)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010