Jakarta (ANTARA News) - Tim bola voli putra junior Indonesia meraih kemenangan 3-0 (25-11, 25-19, 25-14) atas Vietnam pada Kejuaraan Bola Voli ASEAN XVI di Ratchaburi Gym Stadium Ratchaburi Thailand pada hari pertama kejuaraan, Jumat.

Selain Indonesia, negara lain yang ambil bagian dalam kejuaraan yang hanya diikuti enam peserta itu adalah Thailand, Myanmar, Malaysia, Vietnan, dan Australia. Namun Australia hanya sebagai tim tamu dan tidak dihitung nilainya.

"Karena peserta hanya lima, maka semua tim saling bertemu dan juaranya akan ditentukan melalui poin tertinggi. Tidak ada poin saat lawan Australia. Pertandingan melawan Australia digelar ketika salah satu tim tidak bermain," ungkap manajer tim Indonesia Hari Trisnardjo dalam siaran pers PB PBVSI.

Pada laga sebelumnya, tuan rumah Thailand yang merupakan tim kuat lainnya menundukkan Malaysia 3-1 (25-14, 25-18, 23-25, 25-21).

Menghadapi Vietnam, tim Indonesia yang dilatih Ibarsyah menurunkan Febriyanto Endar Pratomo, I Putu Randu Wahyu Pradana Putra, Sigit Ardian, Ahmad Grahari, Dwi Sistin Nova Yoga, Mey Yunan Kharisma Perdana, dan libero Akmal Alamsyah.

Kejuaraan akan berlangsung hingga 28 September.

Setelah tampil di kejuaraan tingkat ASEAN, Indonesia akan langsung tampil di Kejuaraan Asia yang digelar di Nakhonpathom dan Ratchaburi, 1-9 Oktober mendatang.

Dua pekan sebelumnya, tim putri junior Indonesia menduduki peringkat kedua pada kejuaraan yang sama pada kejuaraan yang digelar di Vietnam dan gelar juara direbut Thailand.

Sedangkan di tingkat Asia, tim junior putri Indonesia menduduki peringkat ketujuh.

(ANT-132/F005/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010