Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda sebanyak 2.176 orang lulusan  tahun 2010 dalam suatu upacara sidang terbuka Senat Guru Besar yang dipimpin Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, pada Minggu.

Para lulusan yang diwisuda itu terdiri atas, 405 orang program Diploma, 1.475 orang Sarjana (S-1), 181 orang Magister Pendidikan (S-2) dan 115 orang Doktor Pendidikan (S-3). Sampai dengan semester ini, jumlah alumni UNJ mencapai 74.353 orang.

Rektor dalam sambutannya mengharapkan agar para wisudawan menjadi bangsa yang berkarakter termasuk karakter diri sebagai suatu identitas yang telah dilalui lewat pendadaran "kawah candradimuka" selama menempuh pendidikan di UNJ, sehingga mejadi sosok kokoh, tangguh dan tahan uji.

"Para wisudawan telah pantas sebagai pemegang ijazah Diploma, Sarjana, Magister atau Doktor UNJ, sehingga menjadi modal untuk dapat berperan dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, khususnya bidang pendidikan," katanya.

Rektor mengatakan, bagi wisudawan yang telah bekerja harus mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa dapat bekerja lebih baik, serta bagi yang bekerja sebagai guru atau dosen harus mampu menunjukkan kemampuan mengajar secara profesional yang pantas memegang sertifikat profesi pendidik.

"Sedangkan, bagi wisudawan yang belum mendapat pekerjaan, harus memiliki sikap optimistis, serta kemampuan menetapkan pilihan, agar dapat bekerja seui minat dan kemapuannya," ujarnya.

Rektor juga berharap, para wisudawan mampu memnciptakan pekerjaan sendiri sesuai dengan disiplin ilmu serta bakat yang dimiliki saat ini dan dapat berujung pada sukses dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, para wisudawan harus dapat mengembangkan sikap dan perilaku interpreuneurial dalam berbagai situasi kehidupan masyarakat Indonesia, sehingga mampu mencari berbagai alternatif untuk hidup lebih berhasil.

Rektor menyatakan optimis, dengan kekuatan alumni yang mencapai lebih dari 70.000 orang, jika masing-masing berkontribusi sesuai dengan kemampuannya membesarkan UNJ, maka UNJ akan tumbuh menjadi pesat yang akan dapat memperluas pengabdiannya kepada masyarakat.(*)
(ANT/R009)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010