Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PB PGSI) Wafid Muharam melepas empat atlet untuk mengikuti pelatihan di training camp di Rumania mulai 29 September hingga 16 November 2010.

"Empat atlet yang dikirim ke Rumania adalah, Fachriansyah di kelas 74 kg, M Ricky Fajar (60 kg), Ardiansyah (55 kg) dan M Aliansyah (50 kg) langsug begabung dengan kontingen Indonesia di Guangzhou, China, November mendatang,"ujar Wafid Muharam di Jakarta, Senin.

Wafid mengatakan, keempat pegulat nasional yang menyuguhkan prestasi maksimal di SEA Games XXV Laos layak digembleng prestasinya di Rumania. Dengan harapan mampu menyuguhkan medali terbaik bagi kontingen Indonesia.

Seperti halnya Fachriansyah di kelas 74 kg saat turun di SEA Games XXV di Laos berhasil menyuguhkan medali emas. Begitu juga dengan M Ricky di kelas 60 kg di nomor gaya bebas juga meraih prestasi maksimal. Adapun Ardiansyah di kelas 55 kg di nomor grigo romawi juga mengukir emas. Sedang di nomor grigo kelas 50 kg, Aliansyah meraih medali perak.

Wafid mengatakan dengan persaingan ketat yang akan terjadi di Asian Games XVI, PB PGSI tidak memberi target meraih medali emas. Namun ia optimis para atletnya akan berusha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan hasil maksimal di Guangzhou nantinya.

Upaya memenuhi semua itu katanya, keempat atlet diberi kesempatan melakukan latihan tanding dengan atlet Rumania yang dipersiapkan ke kejuaraan dunia gulat di Moskow, Desember mendatang. Dengan begitu prestasi yang dimiliki mengalami peningkatan pesat.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Dewan Bidang Pembinaan PB PGSI, Deddy S Komarudin menegaskan, selama di Rumania empat atlet yang didampingi pelatih Buyamin dan Zulhaidir selain melakukan latihan juga diturunkkan dalam beberapa kejuaraan antar daerah maupun internasional di Rumania.

Sering tampil dalam event daerah maupun internasional selama di Rumania katanya, memberikan mental juang yang matang. Dengan begitu keberanian menghadapi lawan saat tampil di Asian Games akan bertambah.

Melalui berbagai cara untuk meningkatkan prestasi atlet gulat katanya, tidak selalu bertujuan ke Asian Games XVI, namun juga tampil di kejuaraan lainnya seperti SEA Games XXVI di Jakarta tahun 2011 dan beberapa kejuaraan internasional lainnya seperti Matial Art.

Mampu meningkatkan prestasi yang dimiliki Deddy optimis pegulat nasional mampu mengembalikan jaman kejayaan gulat ditingkat internasional seperti tahun 1987 mampu tampil juara umum di SEA Games.

(ANT-131/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010