Medan (ANTARA) - Calon mahasiswa baru yang mendaftar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk tahun akademik 2010/2011 membludak hingga mencapai 5.241 orang.

"Jumlah mahasiswa baru mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yang hanya 4.644 orang," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Drs. Agussani, MAP pada acara pembukaan masa penyambutan mahasiswa baru (MPMB) di Kampus 3 Jalan Kapten Muchtar Basri Medan, Senin.

Dia menjelaskan, pihaknya senang dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mendaftar, karena ternyata UMSU masih dipercaya masyarakat sebagai salah satu universitas terbaik di Sumut untuk menuntut ilmu.

"Hingga kini UMSU telah mencetak para mahasiswa yang intelektual, berprestasi dan cukup banyak yang bekerja di instansi pemerintahan," jelasnya.

Lebih lanjut Agussani mengaku berharap para mahasiswa baru dapat membekali diri dengan rajin belajar, karena hal itu merupakan peluang emas bagi mahasiswa untuk dapat berguna bagi nusa dan bangsa.

Wali Kota Medan Rahudman Harahap yang turut hadir dalam acara tersebut mengucapkan selamat bergabung kepada mahasiswa baru UMSU, dengan harapan mereka kelak bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi, intelektual, cendekiawan dan bisa bersaing serta mampu berkiprah pada era globalisasi.

"Mereka harus siap dan mampu memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya di Kota Medan," katanya.

Menurut dia, masalah pendidikan Kota Medan hingga saat ini masih banyak yang harus dibenahi, mulai dari sarana dan prasarana, peningkatan kualitas pelayanan, mutu dan kapasitas tenaga pengajar serta disiplin sekolah.

"Dalam pembenahan persoalan pendidikan kita harus mengacu kepada peningkatan kualitas pendidikan di Kota Medan agar sejajar dengan pendidikan internasioanal," ujarnya.

Maka itu, tambahnya, pemerintah perlu memberikan beasiswa terarah kepada pelajar dan mahasiswa yang kurang mampu, sehingga mereka memperoleh pendidikan yang sejajar.

Sementara itu, Ketua Panitia acara MPMB UMSU Tengku Aulia Rahman mengatakan, dari jumlah mahasiswa yang mendaftar, sekitar 2.500 peserta mengikuti MPMB tersebut.

"Dengan mengusung tema `Menciptakan Mahasiswa-Mahasiswi Yang Unggul, Cerdas dan Terpercaya Dalam Semangat Kebangsaan`, maka para peserta MPMB wajib menggunakan seragam batik agar kecintaan terhadap budaya bangsa Indonesia menyatu dalam kegiatan ini," katanya.

Pada kegiatan tersebut, para peserta MPMB akan diberikan pembekalan dan perkenalan dari masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di UMSU dan di akhir acara akan digelar aksi bersih di pelataran parkir kampus. (ANT-022/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010