PBB (ANTARA News) - Dewan Keamanan PBB Selasa setuju untuk mengirim sejumlah penjaga perdamaian tambahan ke Pantai Gading sebelum Pemilu bulan depan.

Dewan memutuskan untuk mengirim k 500 penjaga perdamaian tambahan ke Pantai Gading paling lama enam bulan untuk memperkuat 8.500 baret biru di negara Afrika barat, produsen coklat utama dunia itu.

"Anggota-anggota Dewan Keamanan mendesak para pemegang kekuasaan Pantai Gading untuk memenuhi komitmen mereka untuk mengadakan putaran pertama pemilihan pada 31 Okober, sebagaimana telah disetujui oleh semua partai," kata dewan beranggotakan 15 negara itu.

"Mereka menekankan lagi perlunya bagi partai-partai itu untuk menjamin ketenangan sebelum, pada saat dan setelah pemilihan," kata dewan.

Utusan khusus PBB untuk Pantai Gading Young-Jin Choi mengatakan pada Reuters setelah pertemuan dewan, ia tidak mengkhawatirkan mengenai kemungkinan kekerasan menjelang pemilihan pada 31 Oktober. Ia optimistis tanggal pemilihan itu dapat dipenuhi.

Sekitar 6,38 juta orang telah didaftar untuk memilih, tapi sekitar 1 juta dari mereka diperselisihkan, sebagian besar atas dasar kewarganegaraan. Masalah itu telah memanaskan konflik awalnya, ketika banyak warga Pantai Gading dari utara mengatakan mereka dengan keliru telah tidak diikutsertakan dalam pemilihan presiden pada 2000. Daftar pemilih akhir itu memuat 5.725.720 nama.
(S008/S004)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010