Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah sumber mengisyaratkan bahwa George Lucas tengah berencana mererilis tetralogi film meghebohkan buatannya, "Star Wars", ke versi tiga dimensi (3D) awal tahun 2012.

Kendati versi 3D dari film itu sudah menjadi bahan gunjingan sejak lama, Lucas konon menunggunya sampai ada layar yang cukup untuk rerilis heksaloginya (enam serial filmnya) itu di sebuah ajang yang besar.

Fox, yang merilis semua dari enam seri film asli "Star Wars", kabarnya kembali diserahi tugas untuk rerilis versi 3D film tersebut.

Episode I, "The Phantom Menace," akan menjadi seri pertama yang dirilis awal tahun 2012 nanti. Setelah itu, kelima seri berikutnya akan dirilis tahun-tahun setelahnya secara berurutan, tergantung pada bagaimana kualitas rilis yang pertama.

Setiap konversi setidaknya menghabiskan waktu setahun untuk membuatnya, dan Lucas ingin memastikan bahwa setiap seri dirilis sesempurna mungkin.

Dia menyatakan bahwa berkaca dari pengalaman "Avatar", dia yakin bahwa "Star Wars" juga siap dikonversi ke 3D.

Diawali dari "Phantom Menace," Lucasfilm akan menggunakan rumah produksi khusus konversi film tingkat tinggi, untuk menangani proyek ini.

Sampai akhir musim dingin atau musim semi tahun 2012, industri eksibisi film itu mesti menyelesaikan semua versi 3D yang pastinya ditunggu-tunggu orang itu.

Yang juga memacu jadwal penayangan adalah munculnya terobosan dalam teknologi TV 3D.

Lucas kabarnya tengah menyusun daftar rilis bioskop dengan sasaran pemirsa di rumah. Di luar itu, wahana di bioskop akan juga menayangkan 3D yang lain.

Lucas juga berencana membuat disk Blu-ray untuk keenam seri film itu tahun depan, yang di dalamnya termasuk pencanggihan kualitas gambar dan suara, serta adegan-adegan yang dibuang (deleted scenes) dan fitur-fitur khusus. (*)

Hollywood Reporter/Jafar

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010