Denpasar, (ANTARA News) - Provinsi Bali memberangkatkan 245 orang calon haji ke tanah suci Mekah dalam tahun 2009 dari jatah yang ditetapkan sebelumnya 213 orang.

"Ada tambahan kuota sebanyak 32 orang yang segera akan berangkat ke tanah suci lewat Embarkasi Surabaya," kata Kepala Bidang Bimas Islam dan Penyelenggara Haji Kanwil Departemen Agama Provinsi Bali H. Musta`in SH di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan bahwa calon haji asal Bali tersebut termasuk di dalamnya lima orang petugas, yakni dokter, para medis dan pembimbing haji.

Mereka akan berangkat ke Surabaya secara rombongan lewat darat dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali pada 16 November mendatang.

"Mereka diharapkan sudah masuk asrama haji di Sukolilo, Surabaya pada 17 November 2009 dan keesokan harinya, 18 November langsung berangkat ke tanah suci Arab Saudi lewat Bandara Internasional Juanda," ujar Haji Musta`in.

Ia menjelaskan bahwa calon haji asal Bali masuk dalam kelompok terbang atau Kloter 80 bersama calon haji asal Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan sebagian calon dari Jawa Timur.

Menurut dia, Kloter 80 itu dijadwalkan tiba di Arab Saudi pada 18 November 2009 dan diperkirakan akan kembali lagi ke Tanah Air pada 27 Desember 2009 sekitar jam 23.00 WIB.

Haji Musta`in menjelaskan, rombongan calon haji dari Bali kali ini terdiri atas laki-laki 119 orang dan wanita 121 orang.

Dari jumlah itu, umur tertua, yakni 80 tahun dan termuda 21 tahun. Seluruh calon telah dinyatakan memenuhi syarat kesehatan, administrasi, paspor dan melunasi biaya perjalanan ibadah haji, ujar Haji Musta`in.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009