Palembang (ANTARA News) - Calon haji (Calhaj) Sumsel gelombang kedua atau kelompok terbang (kloter) ke-12 besok Minggu (8/11) diberangkatan dari embarkasi Palembang menuju ke Tanah Suci.

Hari ini embarkasi haji Palembang tidak ada pemberangkatan, tetapi dari empat KBIH masuk asrama haji, kata Kabid Haji, Zakat dan Wakap Kanwil Depag Sumsel, H Udin Djohan di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, Calhaj yang masuk ke asrama haji pada hari ini berasal dari KBIH Al Mabrur, Al Musdalifa, Tawakal dan Bisri.

Calhaj dari empat KBIH itu diberangkatkan ke Tanah Suci pada Minggu siang pukul 14.00 WIB, katanya.

Ia menyatakan, hingga saat ini embarkasi haji Palembang telah memberangkatkan sebanyak 11 kloter dan tiga kloter diantaranya Calhaj berasal dari provinsi Bangka Belitung.

Pemberangkatan tiga kloter yang berasal dari Bangka Belitung itu yakni pada kloter delapan, sembilan dan kloter sepuluh, ujarnya.

Pada tahun 2009 ini embarkasi haji Palembang memberangkatkan Calhaj Sumsel sebanyak 6.349 orang, sedangkan dari Bangka Belitung 937 orang.

Sementara itu, Udin juga mengatakan, hingga kini, pihak petugas haji masih saja menemukan benda-benda seperti alat cukur, pemotong kuku dan lainnya di tas Calhaj ketika dilakukan pemeriksaan.

Semestinya Calhaj tidak perlu membawa benda-benda seperti itu di dalam tas, kata dia lagi.

Para Calhaj juga diimbau membawa barang seperlunya saja dengan berat 15 kilogram, demikian Udin Djohan.(*)

Editor: Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2009