Padang (ANTARA News) - Rombongan calon haji Kabupaten Kerinci dan Merangin Provinsi Jambi, terlambat masuk pemondokan di Asrama Haji Perupuk Tabing Padang, Sumatra Barat.

"Calhaj dari dua daerah Jambi itu, sesuai jadwal masuk asrama Embarkasi Padang, Senin sekitar pukul 16:00 WIB tetapi sampai saat ini rombongan masih dalam perjalanan," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, H. Japeri di Padang, Senin petang.

Dia menjelaskan, Calhaj asal Kerinci setelah dikonfirmasi Senin sore sudah sampai di Solok Selatan dan Calhaj asal Merangin melalui Jalan Lintas Sumatra Bagian Tengah (Jalinsumbagteng) dan telah sampai di Kiliran Jao.

Sebanyak 325 Calhaj asal Kerinci tergabung dalam Kloter XI itu direncanakan diberangkatkan Selasa (10/11) pukul 06:15 WIB.

Sedangkan 292 orang Calhaj asal Kabupaten Merangin, ditambah sebanyak 33 orang asal Kerinci tergabung dalam Kloter XII yang dijadwalkan berangkat hari yang sama (Selasa) pukul 15:45 WIB.

"Kita perkirakan Calhaj masuk pemodokan setelah Senin malam ini. Faktor keterlambatan diperkirakan karena pelepasan di daerah asalnya yang terlambat," katanya.

Japeri menjelaskan, sampai kini sudah sebanyak 43,91 persen yang telah diberangkatkan atau berjumlah 3.236 calhaj, dan tinggal sebanyak 46 persen yang akan berangkat pada Kloter 23.

Sementara calhaj yang masih berada di Madinah, ada laporan banyak yang menderita tenggorokan kering karena sedang berlangsung musim dingin.

"Calhaj di Madinah perlu banyak minum air putih dan menjaga kondisi fisik sehingga tak mudah terserang flu atau tenggorokan kering," katanya.
(*)

Editor: Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2009