Palu (ANTARA News) - Calon jemaah haji asal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung di kelompok terbang (kloter) 13 BPN (Balikpapan), Kamis (12/11) berangkat ke Bandara Embarkasi Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kloter dengan 319 calon haji itu bertolak dari Bandara Mutiara Palu dengan dua kali penerbangan menggunakan maskapai penerbangan milik Lion Air.

Selanjutnya sesuai jadwal, mereka akan terbang ke Jeddah pada Jumat (13/11) pukul 10.45 waktu setempat. Sebelumnya mereka juga akan singgah di Asrama Haji Balikpapan.

Sementara itu, ratusan anggota keluarga yang mengantar calhaj kloter 13 itu terlihat haru melepaskan familinya untuk menunaikan ibadah haji.

Mereka hanya bisa melihat dari kejauhan sambil menyaksikan keluarganya memasuki pesawat hingga terbang meninggalkan landasan bandara.

Kloter 13 BPN terdiri atas 319 calon haji serta tim pemandu dan tim kesehatan haji sebanyak lima orang.

Kloter tersebut berasal dari Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 178 orang, Kota Palu (127), Kabupaten Banggai (11), dan Kabupaten Banggai (3).

Secara keseluruhan, calon haji Sulteng tahun ini berjumlah 1.776 orang dan terbagi dalam enam kloter.

Jumlah tersebut belum termasuk tim kesehatan, tim pemandu, dan petugas lainnya yang berjumlah 15 orang, sehingga total yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 1.802 orang. (*)

Editor: Ricka Oktaviandini
COPYRIGHT © ANTARA 2009