Kendari (ANTARA News) - Seorang jamaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) dikabarkan meninggal dunia di Mekah, Arab Saudi, sehari setelah yang bersangkutan tiba di tanah suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat, dan Wakaf Kanwil Depag Sultra Tamrin mengatakan, jamaah yang meninggal itu berasal dari Kabupaten Bombana dan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 26.

"Jamaah atas nama Macca bin Massa yang berumur 59 tahun meninggal dunia di Mekah pada tanggal 13 November sekitar pukul 16.48 waktu Arab Saudi," jelas Tamrin saat dikonfirmasi, Sabtu.

Tamrin mengatakan, jamaah tersebut meninggal karena penyakit kardiovaskuler (pernafasan) dan telah dimakamkan di Ma'la Makkah, kawasan pemakaman jamaah haji di Kota Mekah.

Dengan meninggalnya jamaah asal Sultra ini, jumlah jamaah asal Indonesia yang meninggal dunia di Arab Saudi sudah mencapai 41 orang berdasarkan catatan dari situs resmi Departemen Agama (depag).

Meskipun demikian, nama Macca bin Massa belum tercatat dalam website depag karena update terakhir yang dilakukan hingga Jumat (13/11) pukul 11.36 waktu Arab Saudi, sedangkan jamaah tersebut meninggal pada pukul 16.48 waktu Arab Saudi.

Sementara itu, terkait dengan pemberangkatan jamaah asal Sultra, Tamrin mengatakan, kalau seluruh jamaah asal Sultra sebanyak 1.705 orang sudah tiba seluruhnya di tanah suci.

"Jamaah asal Sultra sudah mulai tiba di Arab Saudi sejak tanggal 8-12 November dan dijadwalkan kembali ke tanah air antara tanggal 18-23 Desember,"jelas Tamrin.

Mengenai pemondokan, kata Tamrin, tidak ada kendala seperti yang dikhawatirkan sebelumnya menyusul adanya ketentuan pemerintah Arab Saudi yang meminta agar pemondokan dengan jumlah jamaah di atas 250 orang harus dilengkapi tangga darurat.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009