Lebak (ANTARA News) - Sebanyak 266 calon haji Kabupaten Lebak, Banten, siap diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi, dengan kelompok terbang (Kloter) 45 Provinsi Banten.

Kepala Seksi Urusan Haji Kantor Departemen Agama Kabupaten Lebak, Asep Supardi, Selasa, mengatakan, secara fisik dan kelengkapan administrasi haji sudah lengkap dan siap diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Pemberangkatan kedua ini akan dilepas Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, pada Rabu (18/11) sekitar pukul 12.00 WIB di Gedung Pendopo Pemkab Lebak, Rangkasbitung.

Sebelumnya, Bupati Lebak telah melepas pemberangkatan pertama pada Kloter 18 dua pekan lalu.

Pelepasan Kloter 45 ini, kata dia, tercatat sebanyak 266 dan satu di antaranya meninggal dunia, sedangkan rombongan pertama yang kini di tanah suci Mekkah mencapai 450 orang.

Asep mengatakan, pihaknya meminta seluruh calon haji agar benar-benar menjaga kondisi fisik dan mentalnya dengan baik karena melaksanakan ritual ibadah haji menguras tenaga banyak.

Apalagi, saat ini kondisi cuaca di Arab Saudi dingin juga musim hujan.

Karena itu, pihaknya berharap jemaah haji sudah siap menghadapi cuaca dingin tersebut.

Pelepasan rombongan haji Kloter 45 tersebut semalam menginap di asrama haji Pondok Gede, Jakarta dan keesokan harinya diberangkatkan menuju tanah suci Mekkah, Kamis, pukul 19.00 WIB.

Mereka selama berada di asrama haji, jemaah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan administrasi termasuk paspor hijau yang diterapkan tahun ini.

"Jika ditemukan calon haji hamil kemungkinan besar akan ditangguhkan pemberangkatannya," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan jemaah haji tahun ini lebih baik dibandingkan 2008 lalu.

Tahun 2009 ini, lanjut dia, pengantar dari keluarga jemaah berjalan tertib dan mereka sampai Pendopo Pemkab Lebak dan tidak ke asrama haji Pondok Gede Jakarta.

Saat ini, perjalanan jemaah haji mereka lebih tenang dan nyaman hingga keberangkatannya ke tanah suci Mekkah.

"Saya meminta rombongan kloter kedua ini menjaga kesehatan karena sebagian besar jemaah usia resiko tinggi," ujar Asep Supardi.

Kendati demikian, pihaknya sudah mempersiapkan dengan membawa rombongan tenaga kesehatan agar calon haji mendapat pertolongan medis jika sewaktu-waktu calon haji sakit di tanah suci.

Sementara itu, Udin (50), seorang jemaah haji mengaku dirinya sudah siap melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dengan ikhlas.

"Saya berharap pelaksanaan ibadah haji ini menjadi haji mabrur," katanya. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009