Sumenep (ANTARA News) - Kawasan timur Gelanggang Olah Raga (GOR) Ahmad Yani Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang menjadi lokasi pemberangkatan calon haji (cahaj) setempat, Rabu, dipadati ribuan warga.

Warga yang ingin mengantarkan calhaj tersebut, sudah berada di kawasan timur GOR Ahmad Yani sejak pukul 04:00 WIB.

Untuk mengamankan pemberangkatan calhaj itu, Polres Sumenep mengerahkan 250 anggotanya, yang disebar di kawasan timur GOR Ahmad Yani dan di sejumlah jalan masuk menuju GOR Ahmad Yani.

"Kami dibantu personel Kodim 0827, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep untuk mengamankan kegiatan ini. Sehingga, secara keseluruhan terdapat 350 personel," kata Kepala Bagian Operasional Polres Sumenep, Kompol Ary Wahjudhi di Sumenep.

Pada tahun 2009, jumlah Calhaj Sumenep sebanyak 815 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 223 di antaranya berasal dari wilayah kepulauan.

Pemberangkatan calon haji yang dijadwalkan pada pukul 06:00 WIB, molor, karena sebagian calon haji belum datang.

Bupati Sumenep, Mohammad Ramdlan Siraj, yang akan memberangkatkan secara resmi calon haji, terpaksa harus menunggu lengkapnya jumlah calon haji.

Sebanyak 815 calon haji akan naik 16 bus yang disewa Kantor Departemen Agama (Depag) Sumenep menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Selain di kawasan timur GOR Ahmad Yani, sekitar Masjid Agung di Jalan Trunojoyo juga "dipadati" kerabat calon haji, karena dijadwalkan ada pembacaan doa bersama bagi keselamatan calon haji selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. (*)

Editor: Luki Satrio
COPYRIGHT © ANTARA 2009