Palembang (ANTARA News) - Sebanyak 21 kelompok terbang (kloter) calon haji yang berangkat melalui embarkasi haji Kota Palembang saat ini sudah berada di Mekkah.

Kabid Haji Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumatra Selatan H Udin Djohan menyampaikan hal itu di Palembang, Kamis, ketika ditanya mengenai kondisi calon haji dari embarkasi Palembang.

Menurut dia, hingga hari Kamis ini Calhaj yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 22 kloter dan 21 kloter di antaranya sudah berada di Mekkah.

Sementara itu, satu kloter lagi yakni kloter 22 yang diberangkatkan Kamis ini masih dalam perjalanan menuju Jeddah, katanya.

Dengan pemberangkatan kloter 22 pada Kamis ini, embarkasi Palembang telah memberangkatkan sekitar 7.083 calon haji ke Tanah Suci sejak 24 Oktober 2009.

Ia mengatakan pada 2009 embarkasi haji Palembang memberangkatkan sebanyak 23 kloter, berarti masih satu kloter lagi yang belum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Sebanyak 23 kloter dari embarkasi Palembang itu terdiri atas tiga kloter dari Bangka Belitung, dan 20 kloter dari Sumsel.

Kloter 23 atau kloter terakhir akan diberangkatkan pada 21 November 2009 ke Tanah Suci bergabung dengan calon haji dari Solo.

Jumlah calon haji Sumsel yang tergabung dalam kloter terakhir itu sebanyak 258 orang, sedangkan dari Solo sebanyak 82 orang

Calon haji Sumsel yang berangkat ke Tanah Suci melalui embarkasi haji Palembang tercatat sebanyak 6.349 orang, sedangkan dari Bangka Belitung sebanyak 937 orang.(*)

Editor: Luki Satrio
COPYRIGHT © ANTARA 2009