Boyolali (ANTARA News) - Jamaah haji debarkasi Adi Sumarmo Surakarta, Jawa Tengah, yang meninggal dunia di tanah suci hingga Jumat dilaporkan berjumlah 30 orang.

Data dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan, hari ini pukul 18:25 WIB, menunjukkan bahwa dari 30 orang yang wafat itu, empat diantaranya meninggal dunia pada Rabu dan Kamis kemarin.

Mereka meninggal dunia di Mekah Kamis kemarin adalah Sugijana (69) warga Tawangharjo, Grobogan (kelompok terbang 11), Muhcosin (64) warga Windusari, Kabupaten Magelang (kloter tujuh), Choiruddin (60) warga Jalan Guntur Jebres Kota Surakarta (kloter 34), dan M. Masudi Sumodirjo (70) warga Bejen Kajeksan, Kudus (kloter 74).

Sementara jemaah yang wafat hari sebelumnya adalah Saefulloh Machfuedz (82) warga Ambala Sidoluhur, Kebumen (kloter 73), Nurhasanah (74) warga Gumilir, Cilacap Utara (kloter 44), Suwono (72) warga Jalan Watusari Pakintelan, Kota Semarang (kloter 87), dan Atmini (64) warga Gumiwang Purbalingga (kloter 32).

Kasubbag Pengumpul dan Pengolahan Data PPIH Debarkasi Surakarta, Ahmad Suaidi menjelaskan aji yang wafat di Tanah Suci hingga hari kedua masa pemulangan sudah mencapai 171 orang, termasuk 30 asal debarkasi Surakarta.

Menurut Suaidi, dari data yang diperoleh melalui siskohat, penyebab utama jemaah yang wafat adalah gangguan jantung yang mencapai 70 persen.

Namun, lanjut dia, jika dibanding penyelenggaran ibadah haji 2008 dalam waktu yang sama jumlah haji yang meninggal pada 2009 mengalami penurunan.

Sementara jumlah haji asal Debarkasi Surakarta yang pulang pada Jumat (4/12) sebanyak tiga kloter, yakni kloter empat asal Demak yang tiba di Bandara Adi Sumarmo pukul 16:00 WIB, disusul kloter lima juga asal Demak pada pukul 18:10 WIB.

"Rombongan jemaah haji kloter enam asal Pati akan tiba di Bandara Adi Sumarmo pukul 21:30 WIB atau mengalami keterlambatan sekitar tiga jam 15 menit dari jadwal semula pukul 18:15 WIB," kata Suaidi.

Menurut Suaidi, setelah kloter lima asal Demak tiba jumlah haji yang sudah dipulangkan ke daerah asal sebanyak 1.800 orang.

Jadwal kedatangan jemaah haji di Debarkasi Surakarta, Sabtu (5/12), direncanakan sebanyak tiga kloter yakni kloter tujuh asal Kabupaten Magelang pukul 10:40 WIB, kloter delapan asal Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Magelang pukul 14:00 WIB, dan kloter sembilan asal Kabupaten Pekalongan pukul 19:00 WIB.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009