Palembang (ANTARA News) - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 12 Sumatra Selatan (Sumsel) dari tanah suci tiba di Palembang dengan selamat.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan di Palembang, Sabtu mengatakan, kedatangan jemaah haji asal Sumsel tersebut semuanya sehat dan tidak mengalami hambatan.

Jemaah haji kloter 12 Sumsel yang berjumlah 320 itu setelah turun dari pesawat, selanjutnya menuju asrama kemudian pulang ke rumah masing-masing, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, jemaah kloter 12 yang tiba tersebut berasal dari kelompok bimbingan haji Al Mabrur, Al Musdalifa, Tawakal dan Bisri yang semuanya dari Kota Palembang.

Semua jemaah haji Sumsel itu pemberangkatannya dari tanah suci menuju Palembang menggunakan pesawat garuda dengan menempuh perjalanan lebih dari sembilan jam, kata dia pula.

Berdasarkan data dengan tibanya jemaah kloter 12 itu berarti jumlah jemaah yang telah kembali ke Palembang lebih dari 2.500 orang.

Selain itu dengan sudah tibanya jemaah kloter 12 itu berarti tinggal 11 kelompok lagi masih di tanah suci yang akan pulang ke Sumsel secara bertahap, ujar dia pula.

Jemaah haji asal Sumsel 2009 ini sebanyak 6.349 orang, tetapi 24 orang di antaranya batal berangkat, antara lain karena meninggal dunia dan sakit serta urusan keluarga.

Jemaah Sumsel tersebut terbagi dalam 20 kloter ditambah tiga kloter dari Provinsi Bangka Belitung, dan pemulangannya sejak 3 hingga 31 Desember 2009.

Sementara jemaah dari Provinsi Bangka Belitung berjumlah 943 semuanya sudah pulang yang pada 14 hingga 16 Desember 2009.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009