Lubuklinggau (ANTARA News)-Kuota haji untuk Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatra Selatan, saat ini sudah terisi hingga tahun 2013. Bagi warga yang akan naik haji asal daerah itu terpaksa harus menumpang ke daerah lainnya.

"Kuotanya hingga tahun 2013, sudah memenuhi target yaitu 6.290 calon jemaah haji (CJH), sedangkan untuk tahun 2014 warga yang mendaftar sudah mencapai 3000 orang," kata Kepala Kantor Departemen Agama, Kota Lubuklinggau, HM Asri, Senin.

Dikatakannya, masyarakat yang mendaftar saat ini kemungkinan baru bisa diberangkatkan pada tahun 2014, mengingat kuota untuk daerah setempat terbatas sementara minat warga untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut sangat tinggi, sehingga pendaftaran untuk pemberangkatan tahun 2014 akan ditutup April 2010 mendatang guna menghindari kelebihan target.

Membaiknya harga pasaran karet dan buah sawit belakangan ini, merupakan salah satu faktor pendorong minat warga daerah tersebut untuk naik haji. Karena sebagian besar CJH asal daerah itu merupakan petani karet, sawit dan kopi, sedangkan sisanya berasal dari kalangan pedagang, PNS dan profesi lainnya.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009