Palembang (ANTARA News) - Jemaah haji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan, tiba di Palembang Minggu pagi setelah menempuh perjalanan dari Arab Saudi sekitar sembilan jam.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, jemaah langsung menuju asrama untuk beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke OKU Timur, kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Sumsel, Indoni Wahyudi di Palembang.

Lebih lanjut dia mengatakan, semua jemaah yang tergabung dalam kloter 19 itu tiba di Palembang dengan selamat tanpa mengalami hambatan yang berarti.

Jemaah tiba tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 19 yang jumlahnya sebanyak 320 orang, termasuk petugas mendampingi mereka selama berada di Tanah Suci, ujar dia lagi.

Namun, lanjut dia, dari total jemaah yang tiba tersebut tiga diantaranya sakit yakni atas nama Marzuki, M Imam Muarif dan Minin Minan Mentika.

Mereka sakit saat di Tanah Suci karena berbagai faktor seperti asma dan sudah tua, kata dia pula.

Menurut dia, jemaah haji asal Sumsel 2009 ini sebanyak 6.349 orang, tetapi 24 orang di antaranya batal berangkat, antara lain karena meninggal dunia dan sakit serta urusan keluarga.

Pemberangkatan jemaah Sumsel tersebut terbagi dalam 20 kloter ditambah tiga kloter dari Provinsi Bangka Belitung, dan pemulangannya sejak 3 hingga 31 Desember 2009.

Khusus jemaah dari Provinsi Bangka Belitung berjumlah 943 semuanya sudah pulang yang dimulai pada 14 hingga 16 Desember 2009.

Jemaah dari kepulauan pemekaran provinsi Sumsel itu tergabung dalam kloter delapan, sembilan dan sepuluh yang pemberangkatannya melalui Bandara Internasional Palembang sejak daerah ini menjadi embarkasi haji.

Jemaah Banyuasin

Sementara jemaah haji dari Kabupaten Banyuasin, Sumsel akan tiba di Palembang pada hari terakhir penerbangan karena mereka termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 23.

Menurut Indoni Wahyudi, berdasarkan jadwal jemaah tersebut akan tiba di Palembang, pada 31 Desember karena mereka tergabung dalam kloter terakhir.

Ia mengatakan, jemaah asal Banyuasin berangkat dari Tanah Suci hari terakhir karena penerbangannya dari Palembang juga paling belakang.

Sebelum penerbangan jemaah asal Banyuasin, juga akan diberangkatkan dari Arab Saudi, jemaah Kota Prabumulih yang tergabung dalam kloter 22 dan diperkirakan tiba di Palembang pada, 30 Desember.

(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009