Ambon (ANTARA News) - Sedikitnya tiga orang calon haji (calhaj) asal Maluku gagal berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji karena sakit, hamil dan meninggal dunia.

"Satu calhaj orang meninggal dunia, satu calhaj menderita sakit dan satu calhaj wanita diketahui hamil," kata Kabid Haji, Zakat dan Wakaf, Kanwil Kementerian Agama Maluku, Rahman Tubaka, di Ambon, Rabu.

Calhaj yang meninggal dunia yakni Muhamad Lawarniga (80) asal Kota Ambon akibat stroke berat setelah dirujuk ke Rumah Sakit Embarkasi DR.Wahidin, Makassar, pada tanggal 24 Oktober 2010.

Satu calhaj yang sakit yaitu Ibrahim Lanona (63) asal Maluku Tenggara yang menderita gagal ginjal dan dirawat di RS Dr Wahidin serta satu calhaj lainnya, Rani Ishak Efruan (35), asal Kabupaten Aru, diketahui hamil empat minggu.

Menurut Rahman, kedua calhaj yang gagal berangkat itu akan di berangkatkan pada tahun depan sehingga jemaah yang berangkat ke Mekkah hanya tersisa 749 orang.

Disinggung soal kondisi dan situasi calhaj asal Maluku yang kini sudah berada di Arab Saudi, Rahman mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan yang mengganggu kondisi mereka sejak berangkat dari Embarkasi Makassar pada tanggal 25-26 Oktober lalu.

"Kami tetap melakukan pemantauan melalui petugas penyelenggara haji yang ada di Arab Saudi, mudah-mudahan mereka semua dalam kondisi yang prima selama berada di Arab Saudi," ujarnya.
(ANT-118/B010)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010