Makassar (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, memperketat pengamanan bagi para pengunjung di Asrama Haji Sudiang.

Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, Syahrul Yali, di Makassar Jumat mengatakan, pengetatan pengamanan dilakukan menyusul laporan mengenai pengunjung masuk hingga ke dalam wisma Calon Haji.

"Sesuai dengan protab, pengunjung hanya diperbolehkan berada di kawasan asrama Haji Sudiang, tepat di ring dua yang sudah dipersiapkan untuk bertemu dengan kerabat yang akan berangkat ke Tanah Suci," tegasnya.

Menurut dia, yang bisa masuk ke dalam kawasan steril asrama Haji Sudiang hingga ke dalam wisma hanyalah yang memilikii kartu identitas yang dikeluarkan oleh PPIH.

Untuk memperketat pengamanan tersebut, ia meminta kepada seluruh petugas keamanan asrama untuk bersikap tegas kepada pengunjung yang ingin masuk ke dalam kawasan steril asrama Haji Sudiang.

"Kalau tugas pengamanan ini dilakukan sesuai dengan protab, maka saya yakin tidak ada lagi pengunjung yang masuk ke dalam wisma Calhaj," tuturnya.

Jika terdapat pengunjung yang masuk hingga ke dalam kawasan steril, lanjutnya, maka petugas keamanan harus bisa mengambil tindakan tegas dan bahkan jika perlu mengusir pengunjung tersebut.

Banyaknya pengunjung yang masuk hingga ke dalam kawasan steril asrama Haji Sudiang ini terlihat saat jumlah pengunjung membludak, bertepatan saat Calhaj asal Kabupaten Jeneponto tiba di asrama Haji.

Bahkan, ada pula seorang pengunjung yang bisa masuk ke dalam asrama Haji Sudiang tanpa membayar biaya yang telah ditentukan karena memiliki kerabat yang bekerja di asrama Haji.

"Jika pengunjung sampai masuk ke dalam wisma, maka akan mengganggu Calhaj yang beristirahat," ucapnya.

Bahkan, hal seperti ini sangat rawan menimbulkan tindak kejahatan, seperti pencurian, dan sebagainya.

(ANT-103/S016/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010