Palembang (ANTARA News) - Embarkasi haji Palembang, Sumatera Selatan hingga Sabtu sudah memberangkatkan sebanyak 20 dari 21 kelompok terbang calon jamaah haji ke Tanah Suci.

Pada kelompok terbang (kloter) ke 20 hari ini calon jamaah haji yang diberangkatkan sebanyak 350 orang, kata Kabid Haji, Zakat dan Wakap Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel, H Udin Djohan di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, hingga sekarang embarkasi haji Palembang sudah memberangkatkan sebanyak 7.156 calon jamaah haji ke Tanah Suci.

Kloter 20 calon jamaah haji itu diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang sekitar pukul 17.45 WIB, katanya.

Ia menyatakan, dengan diberangkatkannya kloter 20 calon jamaah haji itu, maka tinggal satu kloter lagi yang belum bertolak ke Tanah Suci.

Untuk kloter 21 calon jamaah haji itu sekarang sudah tiba di Asrama Haji Palembang dan akan diberangkatkan pada 7 November 2010, ujarnya.

Kloter terakhir itu calon jamaah hajinya sebanyak 352 orang dari data yang ada.

Sementara mengenai calon jamaah haji yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, ia menuturkan, kalau kloter satu sampai kloter 19 sekarang sudah berada di Mekkah.

Jadi, sekarang semua calon jamaah dari embarkasi haji Palembang seluruhnya sudah berada di Mekkah untuk mengikuti rangkaian kegiatan ibadah haji.

Sementara data ANTARA dari Kanwil Kementerian Agama Sumsel mencatat secara keseluruhan embarkasi Palembang pada musim haji tahun ini memberangkatkan calon haji sesuai kuota sebanyak 7.555 orang dibagi dalam 21 kloter termasuk dari provinsi kepulauan Bangka Belitung.
(ANT038/M033)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010