Palembang (ANTARA News) - Pemberangkatan jamaah calon haji embarkasi Palembang dari kelompok terbang pertama hingga terakhir berjalan lancar dan tepat waktu.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel, H Udin Djuhan di Palembang, Minggu, mengatakan, setelah dievaluasi mulai kelompok terbang pertama hingga 21 tidak ada kendala dan pemberangkatannya tepat waktu.

Bahkan ada beberapa kelompok terbang yang pemberangkatannya lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan dan ini menunjukan kesiapan embarkasi Palembang cukup baik, katanya.

Menurut dia, pelayanan haji akan lebih dimaksimalkan lagi sehingga dalam pemberangkatan 2011 nanti diharapkan akan semakin baik.

Begitu juga listrik di embarkasi Palembang tidak mengalami hambatan karena pihaknya telah melakukan kerja sama dengan PLN setempat.

Sementara mengenai keluarga pengantar sekarang ini sudah mulai tertib karena tidak ada lagi yang masuk asrama tempat jamaah menginap.

Selain itu, pasokan air bersih di asrama juga lancar sehingga kebutuhan jamaah untuk mandi serta kebersihan lainnya selalu tersedia, kata dia.

Jamaah yang berangkat melalui embarkasi Palembang pada 2010 sebanyak 7.512 orang, terdiri dari 6.394 jamaah Sumsel dan selebihnya dari Provinsi Bangka Belitung yang dibagi dalam 21 kelompok terbang.

Selain jamaah, juga ada 105 petugas pendamping calon haji yang menunaikan rukun Islam kelima tersebut termasuk dari Provinsi Bangka Belitung, ujar dia.

"Pemberangkatan calon haji dimulai pada 12 Oktober dan berakhir hari ini," katanya.  (U005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010