Serang (ANTARA News) - Sebanyak 8.790 orang calon haji asal Provinsi Banten tahun 2010 sudah diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi, kata Kepala Seksi Sarana dan Perjalanan Haji Bidang Urusan Haji Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Banten, Huzaemi Abidin.

Huzaemi Abidin di Serang, Senin, mengatakan, 8.790 calon haji asal Banten yang melalui kloter Banten sudah diberangkatkan ke tanah suci Mekkah termasuk 95 orang petugas haji daerah.

Selain itu, juga termasuk sebanyak 155 orang calon haji asal Banten kloter 48 yang merupakan kloter terakhir, masih berada di

Asrama Pondok Gede Bekasi, akan diterbangkan dari Tanah Air melalui  Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (9/11) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Jamaah Banten yang gagal berangkat tahun ini sebanyak 72 orang, kemudian yang berangkat melalui kloter DKI Jakarta 48 orang dan melalui embarkasi Bekasi Jawa Barat dua orang," kata Huzaemi Abidin.

Ia mengatakan, sebanyak 8.790 orang jamaah calon haji asal Provinsi Banten tersebut terbagi dalam 20 kloter yang diberangkatkan melalui Embarkasi Pondok Gede DKI Jakarta.

Sedangkan jamaah calon haji asal Banten yang meninggal dunia di Mekkah sebanyak dua orang, meninggal di Rumah Sakit Haji di Pandeglang, sebelum keberangkatan ke Asrama Haji Pondok Gede satu orang. Adapun jamaah calon haji yang meninggal di daerah asal sebelum berangkat ke embarkasi sebanyak 16 orang.

"Sebanyak 16 orang meninggal di tempat tinggalnya masing-masing. Sehingga meraka belum sempat berangkat dari daerahnya menuju embarkasi," kata Huzaemi Abidin.

Sedangkan terkait jamaah calon haji asal Banten yang sudah berada di Mekah maupun Madinah, saat ini semuanya berada dalam kondisi baik, karena cuaca di Mekah pada musim haji tahun ini sekitar 30 derajat  celcius.
(M045/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010