Makassar (ANTARA News) - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 Debarkasi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dijadwalkan akan tiba pada tanggal 21 November 2010.

Wakil Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar, Solihin, di Makassar, Sabtu, mengatakan, proses pemulangan atau debarkasi tersebut nanti akan disesuaikan dengan jadwal pemberangkatan.

"Sesuai jadwal, kloter 1 Makassar dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada pekan ketiga November, tepatnya pada hari Minggu (21/11)," ungkapnya.

Ia menambahkan, proses pemulangan haji Debarkasi Makassar tersebut akan berlangsung selama satu bulan seperti pada saat pemberangkatan Embarkasi Makassar sehingga proses pemulangan haji akan berlangsung hingga 21 Desember.

"Proses pemulangan Haji tidak jauh berbeda dengan pada saat pemberangkatan, dimana Haji akan kembali masuk ke Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum kembali ke daerah masing-masing," tuturnya.

Ia menerangkan, pada saat pemberangkatan, calob haji diserahkan secara resmi oleh pemerintah di masing-masing daerah, dan pada saat pemulangan, jamaah haji juga harus diserahkan secara resmi kepada pemerintah.

Akan tetapi, lanjutnya, jamaah haji yang masuk di Asrama Haji Sudiang tidak lagi diwajibkan untuk menginap selama satu hari, karena setelah serah terima secara resmi, mereka sudah bisa langsung kembali ke daerah masing-masing.

"Biasanya, haji yang berasal dari daerah Sulsel langsung kembali ke daerah masing-masing setelah dilakukan penyerahan secara resmi, karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari Makassar," imbuhnya.

Menurut dia, akan terjadi pengurangan jumlah haji yang akan dipulangkan, karena ada yang meninggal dunia saat berada di Tanah Suci dan telah dimakamkan di sana.(*)
(ANT-103/B013/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010