Palembang (ANTARA News) - Sebanyak tiga orang jamaah haji Sumatera Selatan yakni dua orang tergabung dalam kelompok terbang 20 dan seorang kloter lima meninggal di Arab Saudi, karena sakit pernafasan.

Jamaah Sumsel yang meninggal itu masing-masing Feryuna binti Selamat (64), Sawen binti Sawukarta (64) dan Fatimah binti HM Mansyur (74), kata Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel, H Udin Djuhan di Palembang, Selasa.

Lebih lanjut dia mengatakan, diketahuinya jamaah Sumsel meninggal tersebut bedasarkan laporan panitia pembimbing yang mendampingi calon haji itu.

Jamaah Sumsel yang meninggal tersebut dua orang yang tergabung dalam kelompok terbang(kloter) 20 berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Sementara seorang yang tergabung dalam kloter lima atas nama Fatimah binti HM Mansyur berasal dari Kota Palembang, kata dia pula.

Menurut dia, ketiga jamaah Sumsel tersebut meninggal pada tanggal 12, 13 dan 14 November 2010 dan mereka sudah dimakamkan di Arab Saudi.

Dengan meninggalnya jamaah tersebut berarti jumlah yang sudah wafat di Arab Saudi sebanyak lima orang, karena sebelumnya ada dua orang juga meninggal dunia, ujar dia.

Menurut dia, setelah meninggalnya lima orang tersebut berarti jumlah jamaah Sumsel berada di Tanah Suci sebanyak 6.389 orang yang sekarang sedang menunaikan ibadah dengan khusuk.

Jamaah Sumsel itu direncanakan pulang menuju Palembang pada Senin (22/11), katanya.

Semua jamaah tersebut nantinya setiba kembali di Palembang, akan masuk asrama terlebih dahulu untuk beristirahat sejenak, dan setelah itu berangkat pulang ke rumah masing-masing, tambah dia.

(U005/M033/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010