London (ANTARA News) - Striker Manchester City dan Togo Emmanuel Adebayor mundur dari sepak bola internasional pada Senin waktu setempat, dengan alasan dirinya masih dihantui kejadian penembakan terhadap bus tim sepak bola negaranya di Piala Afrika.

Adebayor dengan mata kepala sendiri melihat penembakan bus yang mengakibatkan seorang asisten pelatih dan jurubicara skuad tewas dan mengakibatkan Togo mundur dari turnamen pada Januari lalu itu.

Mantan bintang Arsenal itu mengaku khawatir tentang hidupnya setelah penyerangan yang terjadi di utara provinsi Cabinda Angola dan dia mengaku sulit menghilangkan beban mental setelah kejadian itu.

"Menyusul kejadian tragis selama Piala Afrika yang menewaskan teman saya karena ulah teroris di Angola, saya melakukan keputusan sulit untuk mundur dari sepak bola internasional," kata Adebayor.

"Saya sering terkejut dalam beberapa pekan dan bulan terakhir ini sejak kejadian penyerangan itu, dan saya masih dihantui oleh kejadian yang saya saksikan dengan mata kepala saya sendiri dalam kejadian siang di dalam bus itu," katanya.

"Kami hanya pemain sepak bola dan akan bertanding dan mewakili negara kami, kami belum pernah diserang oleh orang yang ingin membunuh kami semua, ini kejadian yang tidak akan pernah saya lupakan dan satu yang tidak ingin saya alami lagi," tambahnya.

Pemain berusia 26 tahun itu telah mencetak 16 gol dalam 38 penampilanya bagi tim Togo dan membantu tim lolos ke putaran final Piala Dunia 2006 di Jerman.

AFP/A020/F005

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010