Auckland (ANTARA News) - Pemain tengah menyerang Canterbury United Aaron Clapham dengan mengejutkan termasuk dalam 23 nama pemain tim Selandia Baru yang diumumkan pelatih Ricki Herbert, Minggu, yang akan bermain dalam turnamen Piala Dunia Afrika Selatan.

Pemain berusia 23 tahun yang belum pernah mengikuti tanding internasional (cap) itu merupakan pemain menonjol dalam kompetisi liga domestik musim ini dan tampil mengesankan di pemusatan latihan selama 10 hari bagi pemain Australia, yang berakhir di Auckland, Minggu.

Pemain handal David Mulligan, yang tidak bermain dalam kompetisi klub sejak 2008 dan dilepas Wellington Phoenix pada akhir musim lalu, juga termasuk dalam tim setelah tampil menawan dalam pemusatan latihan.

Pemain tengah Jeremy Christie, yang bermain di klub Amerika Serikat Tampa Bay Rowdies, juga dengan mengejutkan masuk dalam susunan pemain, setelah ia dilepas Wellington Phoenix musim lalu.

"Saya bukan orang yang susah tidur malam, tetapi pekerjaan memilih pemain itu membutuhkan perhatian besar seolah menyusun potongan mozaik," kata Herbert.

"Grup pemain ini sudah bekerja keras selama 10 hari dan mereka semua tampil amat bagus, tetapi kami hanya dapat membawa 23 orang ke Afrika Selatan," katanya.

Pemain tengah Jeremy Brockie dan penjaga gawang Mark Paston, yang tampil lagi setelah keduanya mengalami operasi cedera kaki, juga termasuk dalam tim, tetapi Herbert harus memilih penjaga gawang keempat untuk menutup posisi pemain yang lagi dihukum, Glen Moss.

Penjaga gawang Melbourne Victory itu akan absen dalam dua laga awal Grup F melawan Slovakia dan juara bertahan Italia, karena ia dihukum selama empat bulan setelah dikeluarkan dari lapangan ketika melawan Fiji pada babak penyisihan zona Oseania.

Herbert memasukkan 18 pemain yang ikut babak kualifikasi ketika mereka menang 1-0 atas Bahrain pada laga zona Asia/Oceania November lalu di Wellington dan pemain sayap Aaron Scott merupakan satu-satunya pemain yang tidak diikutkan.

Pemain bertahan dari Eropa Tommy Smith dan Winston Reid masuk dalam susunan pemain setelah mereka menyatakan kesetiaan mereka kepada Selandia Baru.

Smith, yang lahir di Inggris, tetapi dewasa di Selandia Baru, bermain di klub junior Inggris sedangkan Reid lahir di Selandia Baru dan beralih ke Denmark bersama keluarganya dan main di klub yuniuor Denmark.

Berikut ini susunan pemain Selandia Baru :

Penjaga gawang - James Bannatyne (Team Wellington), Glen Moss (Melbourne Victory) Mark Paston (Wellington Phoenix)

Pemain bertahan - Andy Boyens (New York Red Bulls), Tony Lochhead (Wellington Phoenix), Ryan Nelsen (captain, Blackburn Rovers), Winston Reid (FC Midtjylland), Ben Sigmund (Wellington Phoenix), Tommy Smith (Ipswich Town), Ivan Vicelich (Auckland City)

Pemain tengah - Andy Barron (Team Wellington), Leo Bertos (Wellington Phoenix), Jeremy Brockie (Newcastle Jets), Tim Brown (Wellington Phoenix), Jeremy Christie (Tampa Bay Rowdies), Aaron Clapham (Canterbury United), Simon Elliott (unattached), Michael McGlinchey (Central Coast Mariners), David Mulligan (unattached)

Pemain depan - Rory Fallon (Plymouth Argyle), Chris Killen (Middlesbrough), Shane Smeltz (Gold Coast), Chris Wood (West Bromwich Albion).
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010