Buenos Aires (ANTARA News) -Tersebutlah seorang Lionel Messi yang membongkar sebuah mitos mengenai kostum karena menurut dia kostum Argentina di Piala Dunia tidak akan menjadi beban.

Tidak percuma beroperasi sebagai striker yang siap meneror jantung pertahanan lawan, Messi mengatakan, "Saya tidak merasa tertekan tampil dengan menggunakan kostum Argentina," katanya kepada wartawan ketika tiba di Buenos Aires, dari Spanyol, Selasa, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Di Spanyol saya juga sebagai pemain tim yang harus memenangkan berbagai hal," kata Messi, yang menolong Barcelona memenangi gelar kompetisi Liga Spanyol (La Liga) untuk kedua kalinya minggu lalu.

Pemainkelas duniaitu terbang dari Madrid ke Buenos Aires untuk bergabung dengan pasukan Argentina yang diasuh Diego Maradona yang akan memulai persiapan mereka Kamis.

Ia dikritik pendukung dan beberapa media tahun lalu karena penampilannya yang kurang berpihak pada Argentina di saat mereka berjuang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia.

Ia meninggalkan negaranya ketika masih remaja dan bergabung dengan Barcelona. Pendukung mempertanyakan perasaan dan komitmennya kepada negara Argentina.

Messi, dikelilingi alat rekam dan mikrofon yang dekat ke wajahnya, mengatakan ia akan melakukan yang terbaik sehingga dapat mentransfer kemenangan Barcelona ke negaranya Argentina.

"Saya akan membuktikan jawaban saya ini di lapangan dan Piala Dunia merupakan hal yang bagus yang akan diperoleh tim nasional Argentina," katanya.

Ketika ditanya apakan Maradona harus membentuk tim di sekelilignya, Messi kelihatan tersinggung dengan pertanyaan itu. Ia menjawab, "Diego tidak membentuk tim untuk saya, tetapi tim merupakan bagian dari pemain dan kami semua bermain di dalamnya."

"Saya kira (Argentina) merupakan calon (juara Piala Dunia). Kami tidak difavoritkan siapa pun. Akan baik bagi kami tidak difavoritkan tapi kami membuktikan diri dulu di lapangan," katanya.

Turnamen ini merupakan yang kedua bagi Messi setelah Jerman 2006 ketika ia masih belum ternama dan sebagai pemain pengganti ketika menyaksikan tuan rumah menyingkirkan Argentina dengan tendangan penalti pada perempat final di Berlin.

Argentina akan berhadapan dengan Nigeria, Korea Selatan dan Yunani pada laga Grup B mulai 11 Juni mendatang.

Bagaimanaujung dari mitos mengenai kostum Argentina? Jawabnya, ada dalam hal yang nyata, hal yang dapat disaksikan mata,bukanhal yang dikatakan secara berbusa-busa.
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010