London (ANTARA News) - Presiden UEFA (Union of European Football Associations) Michel Platini, mengatakan Inggris masih berpeluang untuk menjadi calon tuan rumah Piala Dunia (PD) 2018.

Platini juga mengatakan ketua baru pencalonan Inggris, Geoff Thompson merupakan orang yang tepat untuk menjaga peluang Inggris dalam pencalonan, setelah mundurnya Lord Triesman.

FIFA akan melakukan pemungutan suara pada tanggal 2 Desember. Pemungutan suara itu dilakukan oleh komite eksekutif FIFA untuk menentukan tuan rumah PD 2018 dan 2022.

"Mungkin pencalonan telah ternoda dan saya kira anda butuh orang yang memilih tetap di sisi anda. Tetapi, Geoff Thompson seorang yang baik, Inggris negara hebat dan tentu saja dapat bertahan dari situasi ini," kata Platini  kepada Daily Mirror.

Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke sudah memerintahkan penyelidikan secepatnya mengenai dugaan penyuapan yang dialamatkan oleh Triesman kepada Spanyol dan Rusia.

"Saya ingin keputusan sudah ada sebelum Piala Dunia," kata Valcke.

Wakil Presiden FIFA, Jack Warner mengatakan tindakan yang dilakukan FA (Football Association) telah mengurangi dampak yang merugikan."FA menanganinya dengan cepat," kata Warner.

Sporting Life melaporkan, Platini yang mengaku berteman baik dengan Triesman, mengatakan dia ingin membantunya mengatasi masa sulit.

"Saya berteman baik dengan Lord Triesman dan saya ingin membantunya dalam masa sulit, untuk dia sebagai seorang manusia. Saya ingin mendukung teman saya dalam masalah besar ini. Saya kira yang terjadi padanya adalah hal buruk," kata mantan pemain tim nasional Perancis itu.
(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010