Bordeuax, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pelatih Bordeaux Laurent Blanc hari Kamis secara resmi dikukuhkan menjadi pengganti Raymond Domenech sebagai pelatih Prancis setelah Piala Dunia.

Dalam sebuah pernyataan, Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) mengatakan bahwa dewan federal "mengukuhkan pemilihan Laurent Blanc untuk jabatan pelatih nasional setelah Piala Dunia 2010".

"FFF tidak akan memberi komentar lebih lanjut mengenai hal ini sebelum penandatanganan kontrak yang akan merampungkan pemboyongan Laurent Blanc," tambah pernyatan itu.

Pengumuman tersebut dikeluarkan setelah pertemuan antara presiden Bordeaux Jean-Louis Triaud dengan timpalannya di FFF, Jean-Pierre Escalettes mengenai kepergian Blanc yang masih mempunyai kontrakj setahun dengan klub Liga Utama Prancis itu.

Triaud sebelumnya menyatakan kemarahannya atas "terlalu dininya" pengumuman tentang Blanc sebagai calon pelatih Prancis itu dan memperkirakan bahwa klubnya akan mengalami "kerugian" 20 juta euro atas kepindahan itu.

"Suatu federasi tidak bisa berbuat semaunya dan merekrut pelatih yang masih dikontrak. Ini merupakan bagian dari kegagalan olahraga kita," kata Triaud.

Menurut harian olahraga "L`Equipe", Bordeuax akhirnya akan menerima kompensasi 1,5 juta euro. BNlanc juga ingin membawa deputi pelatihnya, Jean-Louis Gasset, ke tim Prancis.

Blanc, seorang pemain belakang yang memenangi Piala Dunia dan Euro bersama tim Prancis, membawa Bordeaux meraih gelar Liga Prancis 2009 dan perempatfinal Liga Champions musim ini, setelah dikalahkan saingannya di Liga Prancis, Lyon.

Tetapi, tim asuhannya hanya menduduki posisi keenam di liga Prancis musim ini dan kehilangan tempat di Liga Eropa dalam pertandingan terakhir liga hari Sabtu. (S005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010