HOENDERLOO, Belanda (ANTARA News )- Striker Arsenal, Robin van Persie, mengatakan tim nasional Belanda sebaiknya mempertajam lini depannya dengan memainkan dirinya sebagai ujung tombak dengan dukungan Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Rafael van der Vaart, Kamis (20/5).

Keempat pemain itu sepakat bahwa dengan formasi itu peluang Belanda akan semakin besar untuk meraih sukses di Piala Dunia Afrika Selatan (Afsel) bulan depan.

"Saya mendengar pendapat mereka dan saya senang karena kami saling menghargai kualitas satu sama lain," ungkap Persie seperti dikutip Reuters.

"Bermain bersama mereka adalah sebuah pesta, mereka semua pemain bagus yang kreatif dan berpikir menyerang," kata Persie kemudian.

Dengan formasi itu maka peluang striker Liverpool, Dirk Kuyt, untuk tampil di Afsel akan semakin kecil.

Kuyt awalnya menjadi pemain pengganti Van Persie di laga pertama Belanda di putaran kualifikasi  di zona Eropa tetapi kemudian menjadi pilihan utama di tujuh laga kualifikasi berikutnya dan mencetak tiga gol.

"Tidak ada yang negatif tentang Kuyt yang memang seorang pemain bagus dan pantas mendapatkan catatan bagus tetapi ini adalah pandangan saya," ucap Persie lagi.

Persie ingin bermain sebagai striker tengah ditemani oleh Robben di kanan dan Van der Vaart di kiri, sementara Sneijder mendukung sebagai pengatur serangan.

"Jika kami bisa saling memberi segalanya dalam keseluruhn turnamen saya percaya kami tidak akan bisa dihentikan," kata pemain berusia 26 tahun itu yakin.

"Dengan empat pemain ini di tim kami akan tampil unik dan punya peluang luar biasa untuk berhasil," ia menambahkan.

Van Persie bermain dalam enam laga di putaran kualifikasi Piala Dunia dan mencetak satu gol sebelum menderita cidera engkel dalam laga persahabatan melawan Italia.

Setelah menjalani operasi dan beristirahat selama lima bulan ia baru kembali memperkuat Arsenal di liga utama Inggris April 2010.

Akan tetapi Van Persie yakin ia telah cukup bugar untuk tampil maksimal di turnamen besar ketiganya dalam karir.

"Saya bukan pemain yang butuh banyak penyesuaian untuk kembali (bermain), yang terpenting adalah bugar secara fisik dan pikiran yang jernih," paparnya.

"Saya membandingkannya dengan penyanyi yang tidak bernyanyi selama satu tahun, ia hanya harus berlatih sedikit karena ia tidak akan lupa bagaimana cara menyanyi dan saya pikir demikian juga dengan pemain teknis seperti saya," pungkas Van Persie.
(Ber/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010