Semarang (ANTARA News) - Kantor Pos Besar Semarang menyosialisasikan perangko seri Piala Dunia 2010 yang diterbitkan sejak 1 Mei 2010 untuk menyemarakkan pergelaran olahraga sepak bola tingkat dunia di Afrika Selatan.

"Penerbitan perangko seri Piala Dunia 2010 bernominal Rp1.500 ini diharapkan juga dapat memacu perkembangan dunia persepakbolaan di Tanah Air," kata Kepala Kantor Pos Besar Semarang, Suryadi, di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan selain perangko, benda filateli lain yang juga diterbitkan PT Pos Indonesia terkait kegiatan empat tahunan tersebut adalah empat perangko yang dikemas dalam satu paket kecil dan Sampul Hari Peringatan Penerbitan Pertama yang dicetak sebanyak empat ribu lembar.

Satu set perangko Piala Dunia 2010 terdiri atas 50 buah perangko bernominal Rp1.500 dijual dengan harga Rp72.000, sedangkan harga satu paket perangko adalah Rp6.000, dan Sampul Hari Peringatan Penerbitan Pertama dijual seharga Rp8.000.

Ia menyebutkan, PT Pos Indonesia telah mencetak perangko seri Piala Dunia 2010 sebanyak 300 ribu buah yang diedarkan ke seluruh Tanah Air.

"Di Kota Semarang sendiri telah diedarkan sebanyak tiga ribu perangko bergambar maskot Piala Dunia 2010 dan beberapa pemain sepak bola internasional," ujarnya.

Menurut dia, minat kolektor perangko di Kota Semarang yang sering disebut filatelis cukup banyak dengan diterbitkannya perangko seri Piala Dunia 2010 ini.

"Sejak pertama diterbitkan, beberapa filatelis sudah ada yang memesan dengan jumlah yang cukup banyak," katanya.

Selain di Kantor Pos Besar Semarang yang terletak di Jalan Pemuda Nomor 4, benda filateli terkait Piala Dunia 2010 juga dapat dibeli masyarakat di seluruh kantor pos cabang yang tersebar di ibukota Jawa Tengah ini.

Salah seorang wisatawan asing asal Belanda, Doldu Mosch (82) mengatakan dirinya membeli perangko seri Piala Dunia 2010 yang diterbitkan PT Pos Indonesia ini sebagai koleksi dan kenang-kenangan saat berkunjung ke Kota Semarang, Jawa Tengah.
(U.KR-WSN/M028/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010